Bali Rayakan Hari Ilmu Pengetahuan

Pura Desa Gede, Desa Peliatan, Ubud, Bali
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Sabtu, 23 April 2011 hari ini, merupakan hari bersejarah bagi Umat Hindu Bali. Pasalnya, hari ini merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan (Hari Raya Saraswati).

Tak ayal, seluruh masyarakat Bali mulai dari elemen pendidikan hingga masyarakat umum melakukan persembahyangan yang dipersembahkan untuk Dewi Saraswati sebagai wujud syukur atas ilmu pengetahuan yang diturunkannya.

Pantauan di sekitar Kota Denpasar, seluruh pelajar yang beragama Hindu sejak pagi melaksanakan persembahyangan di Pura sekolah masing-masing. Dengan berpakaian khas adat Bali lengkap dengan perlengkapan sarana persembahyangan, siswa SD, SMP dan SMA berkumpul untuk bersembahyang bersama dipimpin Pemangku atau guru sekolah. Demikian pula, di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, (Dikdipora) di semua kabupaten/kota di Bali. Mereka melaksanakan persembahyangan yang diikuti seluruh pegawai.

"Tadi pagi kami semua, jajaran Disdikpora, bersembahyang bersama untuk memperingati turunnya ilmu pengetahuan di dunia yang disimbolkan Dewi Saraswati," kata Kadisdikpora Provinsi Bali, Ida Bagus Anom dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu 23 April 2011.

Anom menjelaskan, sebenarnya peringatan Saraswati tidak hanya dirayakan kalangan pendidikan, namun seluruh masyarakat beragama Hindu juga melaksanakan sembahyang bersama di Pura-Pura serta di rumah masing-masing.

Persembahyangan ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keharmonisan di lingkungan sekolah dan diharapkan dapat menempa karakter siswa. Dikatakan, momentum hari raya ini juga dapat menumbuhkembangkan pengendalian jiwa setiap manusia.

Peringatan Hari Saraswati ini, sambung Anom, hendaknya dijadikan sarana intropeksi untuk mengingat betapa besar arti pengetahuan bagi manusia yang menjadi suluh atau penerang kehidupan di dunia.

"Hari Saraswati dimaknai sebagai momentum turunnya ilmu pengetahuan yang menjadi penerang hidup manusia di dunia. Karena itu seyogyanya,  hari ini seluruh umat Hindu menghormati Dewi Saraswati yang berjasa besar dalam sejarah ilmu pengetahuan di dunia," paparnya.

Yang menarik, bagi agama Hindu ilmu pengetahuan disimbolkan sebagai Dewi Saraswati yang sangat cantik dan menarik. "Ya, sama seperti kita memandang orang cantik, kan senang. Demikian pula ilmu pengetahuan, diibaratkan wanita cantik tentunya membuat orang tertarik untuk mendekatinya," kata Anom.

Peringatan Hari Saraswati saat ini juga sangat penting khususnya bagi para siswa SMP yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Dengan berdoa dan menjadikan hari turunnya ilmu pengetahuan ini, para siswa diharapkan bisa lebih terpacu dan mempersiapkan diri lebih matang untuk menyambut ujian nasional mendatang. (Laporan Bobby Andalan, Bali)

Apple Bagi-bagi Undangan
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

Kata Pelatih PSS Soal Drama 3 Penalti dan Kartu Merah Saat Lawan Persik

Juara bertahan LavAni Allo Bank Electric menargetkan kembali menjadi juara Proliga musim 2024. Target juara ini jika bisa terwujud di Proliga 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024