Ribuan Wisatawan Banjiri Tanah Lot

Tanah Lot, Tabanan Bali
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Siapa yang tak kenal Bali. Destinasi pariwisata Indonesia tersebut terkenal hampir ke seluruh penjuru dunia. Lantaran keindahan alamnya itu, maka pantas jika Bali dijadikan tempat favorit untuk berlibur.

Seperti yang terjadi pada libur panjang Paskah kali ini. Libur tiga hari itu dimanfaatkan wisatawan menikmati panorama dan kebudayaan Bali. Salah satu obyek wisata yang paling ramai dikunjungi adalah Tanah Lot, yang terletak di Kabupaten Tabanan.

Obyek wisata Pura di tengah laut tersebut hanya dalam waktu tiga hari dikunjungi wisatawan hingga 26.708 orang. Berdasarkan data di Obyek Wisata Tanah Lot, pada Jumat 22 April, pengunjung mencapai 10.799. Sabtu kemarin, mencatat pengunjung terbanyak 11.698. Sedangkan Minggu 24 April 2011 mulai mengalami penurunan. "Hanya 4.211 orang," kata Manager Operasional Tanah Lot I Made Sujana di Bali, Minggu 24 April 2011.

Sujana menyebutkan, akhir libur panjang yang jatuh hari ini, sebagian besar wisatawan domestik sudah banyak yang meninggalkan Bali, sehingga terjadi penurunan jumlah pengunjung.

Bertepatan akhir libur panjang ini, bersamaan dengan hari ini bertepatan ritual Banyu Pinaruh (pembersihan diri), setelah semalam suntuk melakukan jagra (begadang) terkait perayaan Hari Suci Saraswati. Selain dibanjiri wisatawan, obyek wisata yang terkenal dengan Pura di Tengah Laut itu dipadati warga yang berbusana adat bersembahyang ke Pura serta mandi di laut sebagai simbol pembersihan diri.

Masyarakat terlihat bergerombol membasuh diri dan merasakan deburan ombak Tanah Lot yang tidak terlalu ganas di sebelah selatan Pura Tanah Lot tepatnya di dekat Pura Batu Mejan yang memang biasanya dijadikan sebagai tempat ritual melukat (pembersihan diri) umat Hindu di Bali.

Sujana mengatakan, setiap tahun Tanah Lot selalu dipadati pengunjung jika Hari Saraswati tiba untuk melakukan ritual banyu pinaruh. Selain itu banyak hal yang bisa dilakukan saat berekrasi di pantai. Selain mandi, anak-anak dapat bermain pasir dan mencari binatang-binatang laut yang bermunculan. Laporan: Bobby Andalan | Bali (adi)

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan
Vespa World Days 2024 di Pontedera, Italia

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa World Days 2024 telah sukses besar di Pontedera, Italia, menandai 140 tahun Piaggio Group dan 78 tahun Vespa diproduksi di kota tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024