Kapal Tanker Pertamina Meledak, 1 Tewas

Ilustrasi Ledakan
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Kapal tanker milik PT Pertamina meledak di perairan Riau, tepatnya di Sungai Apit, kabupaten Bengkalis, Senin 25 April 2011. Ledakan terdengar hingga radius 5 kilometer.

Dalam insiden tersebut 20 anak buah kapal (ABK) menjadi korban, bahkan salah satunya --bernama Sujamin-- meninggal dunia. Ia terperangkap di kapal dan tidak bisa menyelamatkan diri saat kapal dilalap api.

Sementara itu dua ABK mengalami luka-luka bakar dan 17 lainnya selamat.

"Kejadiannya sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu kapal sedang buang jangkar di Sungai Pakning. Tak berapa lama kapal tiba-tiba meledak," ujar Kasat Polair Polres Bengkalis AKP Wilson Butarbutar kepada VIVAnews.com.

Informasi awal yang dirangkum, lanjut Wilson, ada percikan api di ruang mesin. "Diduga itu yang menjadi penyebabnya. Namun kami akan menyelidiki lebih lanjut untuk mengetahuinya," tambah Wilson.

Masih menurut Wilson, saat meledak kapal tersebut tidak bermuatan. "Kapal sedang kosong. Tapi kerugian belum bisa diperkirakan," katanya sambil menyebutkan bahwa api sudah berhasil dipadamkan.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Sales Manager Pertamina Unit Riau Widrian membenarkan kapal itu milik Pertamina. "Tapi kapal yang terbakar bukan yang reguler mengangkut BBM ke Riau. Informasi lanjutannya masih saya cari," katanya. (eh)

Laporan: Ali Azumar | Riau

Firli Bahuri saat penuhi panggilan pemeriksaan Dewas KPK, beberapa waktu lalu.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

Peran Firli Bahuri mulai terkuak dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024