Kemensos: Makam Letkol Heru Urusan Garnisun

Makam Heru Atmodjo di TMP Kalibata
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Sosial menyatakan tidak mengetahui perihal pemindahan makam makam mantan Asisten Direktur Intelijen Angkatan Udara Republik Indonesia,  Letkol (Pnb) Heru Atmodjo dari Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Kementerian menyerahkan sepenuhnya soal ini kepada Garnisun atau TNI.

Biasanya, segala hal yang terkait Taman Makam Pahlawan di Indonesia, termasuk di Kalibata, Jakarta Selatan berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial (K3) Kementerian Sosial. Tetapi, Direktur Jenderal K3 Hartati Solehah tidak mengetahui soal pemindahan makam Heru Atmojo.

"Soal pembongkaran makam yang dimaksud, untuk penjelasannya agar menghubungi Kolonel Marjani," kata Hartati Solehah dalam pesan singkat kepada VIVAnews.com. Kolonel Marjani merupakan Asisten Administrasi Staf Garnisun Tetap 1 Jakarta.

Hartati tidak dapat menjelaskan alasan pemindahan makam Letnan Kolonel Heru Atmojo apakah terkait G30S/PKI atau tidak. Kementerian Sosial meminta agar permohonan klarifikasi soal ini sebaiknya dijelaskan langsung oleh pihak Garnisun, sebagai pihak yang membongkar.

Informasi yang diterima VIVAnews.com, Kementerian Sosial tidak mengetahui adanya pemindahan makam pada 27 Maret lalu. Semestinya, pemindahan makam itu perlu dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial. Tetapi, Kementerian baru mengetahui hal ini kemarin.

"Seharusnya memang perlu izin kami. Sampai sejauh ini belum ada informasi ke kami kenapa dibongkar," kata pegawai Kementerian Sosial yang enggan disebut namanya.

Saat VIVAnews mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, kemarin, makam Heru Atmodjo yang sudah dibongkar kini hanya tersisa sepetak tanah coklat dan batu yang diletakkan di tengahnya. Tidak terlihat badan makam dan nisan seperti makam yang lain.

Menurut salah satu penjaga makam, pembongkaran memang dilakukan karena Heru diduga terlibat G30S/PKI. "Waktu itu kurang teliti dalam memeriksa surat-surat (administrasi)-nya. Jadi tidak tahu kalau dia terlibat PKI," jelas penjaga makam itu kemarin.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024