Warga Cilacap Panik, Takut Ancaman Tsunami

Peta zona rawan bencana di Jawa Tengah
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id

VIVAnews - Kepanikan kembali terjadi di Kota Cilacap, Jawa Tengah menyusul gempa 6,3 Skala Richter yang terjadi pukul 13.39 WIB tadi. Warga sempat berhamburan keluar dan menyelamatkan diri karena khawatir ancaman tsunami.

"Warga langsung lari untuk mencari informasi apakah ada ancaman tsunami atau tidak, mereka khawatir kalau ada tsunami," kata Robi dari tvOne Selasa 25 April 2011.

Berdasarkan pengalaman, kata dia, warga Cilacap sudah mengantisipasi jika terjadi ancaman tsunami dengan mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi di kawasan Jeruk Legi. Paska gempa siang tadi, komunikasi di Cilacap, juga sempat terhenti, baik telepon selular maupun fix line.

Selain Cilacap, getaran gempa juga terasa di kota-kota lain, seperti Jakarta, terutama di gedung-gedung tinggi, Ciamis, Tasikmalaya, dan Yogyakarta. "Tadi sempat terasa sedikit bergoyang," kata Erick Tanjung, kontributor VIVAnews di Yogya.

Sekadar diketahui berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa berlokasi di posisi 8.6 Lintang Selatan, 108,36 Bujur Timur. Gempa ini berpusat pada 120 kilometer barat daya Cilacap, Jawa Tengah. Dan gempa terjadi pada kedalaman 24 kilometer.

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur
Walikota Medan, Bobby Nasution.(dok Pemko Medan)

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Usai mengantongi surat penugasan dari DPP Partai Golkar, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution akan menjalin komunikasi dengan Partai NasDem da

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024