SBY Tak Setuju Istilah 'Kekayaan Intelektual'

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak setuju dengan penggunaan istilah 'kekayaan intelektual' yang digunakan dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Menurut dia, istilah 'kekayaan itu diganti dengan 'kepemilikan'.

"Karena kalau saya renungkan Intellectual Property Right diterjemahkan menjadi hak kekayaan intelektual," kata SBY saat membuka hari HAKI di Istana Negara, Jakarta, Selasa 26 April 2011.

"Padahal kekayaan, dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggrisnya itu adalah wealth atau riches, kaya itu wealthy atau rich. Nah, kalau property itu milik."

Menurut SBY, istilah 'kekayaan' itu tidak cocok dengan konsep hukum yang berlaku. "Tapi kalau hak milik intelektual, hak kepemilkan intelektual, milik seseorang janganlah dicuri, janganlah dibajak dan janganlah disalahgunakan," kata SBY lagi.

Namun demikian, SBY menyerahkan sepenuhnya penggunaan istilah itu kepada ahli Bahasa Indonesia, ahli Bahasa Inggris, dan ahli hukum. Jika ahli menyatakan istilah kekayaan' sudah tepat, dia mempersilakan.

Namun, jika istilah 'kepemilikan' dirasa lebih cocok, juga dipersilakan. "Atau ya, Pak SBY yang dimaksudkan kekayaan ya kepemilikan itu. Silakan nanti dibahas secara baik," kata SBY dengan disambut tepuk tangan hadirin. "Tetapi kalau dirasakan berbeda, kekayaan dengan milik itu berbeda.,"

Menurut SBY, pengakuan HAKI sangat penting. Pengakuan hasil karya, kata dia, akan memacu produktivitas dan kreativitas. "Kita berikan intensif yang adil dan kemudian kita berikan perlindungan," kata dia.

Menurut SBY, dari 139 negara, Indonesia menempati peringkat ke 69 HAKI pada tahun 2005. Tiga hingga empat tahun kemudian, Indonesia menempati peringkat 54, dan tahun lalu menempati peringkat 44. "Saya kira patut kita syukuri. Apa yang dinilai, bahwa sebuah bangsa, sebuah negara memiliki daya saing tinggi," kata SBY.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024