Polda Metro: NII Belum Makar Masih Pidana

Bendera NII ( Negara Islam Indonesia )
Sumber :

VIVAnews - Polda Metro Jaya menilai kelompok Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW9) belum melakukan tindakan makar. Melainkan sebatas pelanggaran pidana umum atau KUHP seperti penipuan.

"Apa yang mereka lakukan selama ini masih terkait pelanggaran pidana umum, misalnya penipuan. Jadi belum ada indikasi ke arah  makar," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Sutarman di Mapolda Metro Jaya, Sabtu 30 April 2011.

Menurut Sutarman, pihaknya saat ini terus melakukan pendekatan preventif atau pencegahan terhadap kegiatan NII. Salah satu langkah pencegahan seperti menggelar diskusi, pertemuan, penyuluhan, dan koordinasi guna menghindari tindakan yang berhubungan dengan aksi kejahatan.

"Soal dugaan Pesantren Al Zaytun dengan NII KW9. Itu nanti akan dilakukan penyelidikan oleh Polda Jawa Barat. Tentunya kita akan membantu berkoordinasi jika diperlukan," kata Kapolda.

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono, membantah Pondok Pesantren Al Zaytun terkait dengan gerakan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW9).

"Kenyataannya belum ditemukan fakta hubungan Al Zaytun dengan NII," kata Hendropriyono usai melayat mendiang tokoh senior PDI Perjuangan, Theo Syafei, di rumah duka, Bambu Apus, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 29 April 2011. (eh)

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024