JK Tak Tahu NII di Balik Pesantren Al Zaytun

Ekspresi Jusuf Kalla saat telepon SBY ucapkan selamat
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Pondok Pesantren Al Zaytun sering dihubung-hubungkan dengan gerakan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW9). Menurut Jusuf Kalla, pondok pesantren itu adalah lembaga pendidikan.

"Tapi jika memang ada pemikiran yang keliru di situ, harus diluruskan. Dan kalau ada tindakan yang berbahaya harus ditindak dengan hukum," kata Kalla di Jakarta, Sabtu 30 April 2011.

Menurut Kalla, dia sudah dua kali mengunjungi Al Zaytun. Menurutnya, pondok pesantren itu berdiri setelah diresmikan BJ Habibie. "Saya mengunjungi itu saat menjadi menteri. Tapi yang berkunjung ke sana juga banyak," ujar mantan Wakil Presiden itu.

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono, membantah Pondok Pesantren Al Zaytun terkait dengan gerakan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW9).

"Kenyataannya belum ditemukan fakta hubungan Al Zaytun dengan NII," kata Hendropriyono usai melayat mendiang tokoh senior PDI Perjuangan, Theo Syafei, di rumah duka, Bambu Apus, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 29 April 2011. (eh)

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru
Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024