Amien Rais: Donor Mata Dibolehkan Agama

Amien Rais
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketersediaan donor mata yang masih minim memprihatinkan. Padahal, kasus kerusakan kornea akibat infeksi masih banyak terjadi. Akibatnya, pertolongan kepada pasien tidak dapat dilakukan dengan cepat. Mereka terpaksa, harus menunggu lama untuk mendapatkan donor mata.

Salah satu penyebab kenapa peminat donor mata masih kurang adalah kurangnya pemahaman dan keinginan masyarakat umum untuk mendonorkan mata. Bahkan banyak yang menganggap kegiatan tersebut bertentangan dengan agama.

Mengenai hal tersebut, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Amien Rais menyampaikan, kegiatan donor mata adalah amal yang positif karena termasuk bagian dari pertolongan kepada sesama.

"Demi kepentingan manusia yang lebih besar, asal ada wasiat, diizinkan keluarga, dan tidak melanggar kehormatan jenazah, boleh," terang Amien dalam talk show 'Donor Mata dilihat dari Aspek Hukum dan Agama' di Aula RS Aini, Jakarta, Sabtu, 30 April 2011.

Tokoh reformasi ini mengakui dalam dunia Islam memang ada perbedaan pandangan terkait hal ini. Karena pada dasarnya, dia mengungkapkan, harkat dan martabat jenazah sama tingginya dengan orang yang masih hidup.

"Saya sebagai orang Indonesia kembali ke MUI," lanjutnya. "MUI pada 13 Juni 1979 menyatakan seseorang yang masa hidupnya berwasiat akan menghibahkan kornea dengan disaksikan dan disetujui wasiat itu bisa dilaksanakan oleh dokter bedah kecuali melanggar kehormatan mayat," katanya. (kd)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024