Amien Rais: Khadafi Tak Paham Al Quran

Pengawal molek Khadafi di Prancis
Sumber :
  • danbymp.com

VIVAnews - Moamar Khadafi adalah sosok penguasa yang tangguh. Kekuasaannya bergeming meski diserang gelombang aksi demonstrasi rakyat Libya yang menuntutnya lengser. Bahkan pemberontakan dan serangan tentara NATO belum mampu mengjungkalkannya.

Dunia melihat Khadafi sebagai sosok nyentrik: dari cara  berpakaian, juga kriterianya memilih para pengawalnya yang harus cantik, kekar, dan wajib perawan.

Oleh mantan Presiden AS Ronald Reagan, Khadafi dijuluki "anjing gila". Ia sosok antagonis yang menjadi pusat kekuasaan, pusat kemewahan tapi sekaligus menjadi pusat kecemasan.

Amien Rais mengaku pernah tiga kali menyambangi rumah Khadafi. "Pertama tahun 2009, kedua 2001, ketiga 2003. Pertama sebagai tokoh reformasi, kedua sebagai Ketua MPR, dan yang ketiga sebagai sahabat," kata Amien di Jakarta, Sabtu, 30 April 2011.

Menurut mantan Ketua PP Muhammadiyah itu, tiap kali kedatangan tamu, Khadafi selalu memanggil pembaca Al Quran, qoriah. "Kami hayati setelah selesai kami diskusi," jelas dia.

Sosok penguasa Libya itu selalu mengumbar citra relijius. Namun, kesan alim tak ditangkap Amien Rais. Ia bahkan kecewa berat melihat kegigihan Khadafi mempertahankan kekuasaaannya, hingga tega membunuhi rakyatnya--kelakuan yang jauh dari nilai yang diajarkan Islam.

"Kesimpulan saya adalah, dia khilaf, tiba-tiba lupa bahwa ada ajaran Islam yang sangat fundamental, bahwa nyawa manusia itu amat sangat berharga," kata Amien. "Dia tidak paham Al Quran." 

Menurut Amien, sikap Khadafi kalah jauh dibanding mantan Presiden Soeharto yang rela lengser dari kekuasaan untuk meredam gejolak. "Sedangkan Pak  Harto cuma membaca ho, no, co, ro, ko, do, to so wo lo (aksara Jawa), justru  lebih paham dari Khadafi." (kd)

Kubu 03 Batal Hadirkan Kapolda, Yusril: Gara-gara Saya Gertak, Enggak Berani Muncul
Ilustrasi Ibu Bekerja

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Di seluruh dunia, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, yang dikenal sebagai work life balance.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024