Pembajakan KM Sinar Kudus

Sore Ini, Nasib Sandera ABK Diumumkan

Perompak Somalia
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Sebuah media asing mengabarkan tentang pembebasan 20 anak buah kapal (ABK) MV Sinar Kudus oleh para perompak Somalia. Sebanyak 20 ABK Indonesia yang telah disandera lebih dari 45 hari itu dikabarkan dibebaskan setelah perompak Somalia diberikan uang tebusan sebesar US$4,5 juta atau sekitar Rp38,5 miliar.

Ketika dikonfirmasi, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan keterangan resmi akan disampaikan PT Samudera Indonesia, sebagai pemilik kapal, pada Minggu sore.

"Nanti sore konferensi pers bersama PT Samudera Indonesia dengan Kapuspen (Kepala Pusat Penerangan TNI)," kata Djoko Suyanto, saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Minggu, 1 Mei 2011.

Namun, Djoko tidak menjelaskan lebih jauh mengenai kebenaran kabar atau mengenai detail pembebasan.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan Istana belum bisa memastikan kebenaran kabar soal pembebasan 20 ABK MV Sinar Kudus. "Nanti saya cek dulu," ucap Julian saat mendampingi Presiden mengunjungi sejumlah pabrik di Bogor, Jawa Barat, 1 Mei 2011.

Menurut Julian, jika ada kesepakatan antara perompak Somalia, maka itu dilakukan oleh PT Samudera Indonesia sebagai pemilik kapal, bukan pemerintah.

"Kalau ada penyerahan uang, itu bukan dengan pemerintah, tapi dengan pemilik kapal," ujar Julian.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Kapal MV Sinar Kudus hilang kontak dengan pemilik kapal, Samudera Indonesia, sejak 16 Maret 2011. Namun diketahui, kapal itu dibajak perompak di perairan Laut Arab. Saat itu, kapal bermuatan bijih nikel tersebut sedang melakukan perjalanan dari Pomala, Sulawesi Tenggara, ke Rotterdam, Belanda. (art)

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024