Polri Janji Maksimal Amankan KTT ASEAN 2011

Mabes Polri Pastikan Jenazah Teroris : Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tinggal menghitung hari penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN 2011 dimulai. Rencananya, pertemuan internasional itu akan digelar pada 7 dan 8 Mei 2011.

Acara yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta itu serangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak hari ini. Rencananya, KTT ASEAN ke-18 ini akan dihadiri oleh para kepala pemerintahan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Selain itu juga akan hadir kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat ASEAN dan pimpinan lembaga-lembaga internasional. Isu terorisme dan kematian Osama bin Laden juga akan dibahas. Lalu bagaimana persiapan dari aparat keamanan?

"Penyelenggaraan dan keamanan peserta, mudah-mudahan nanti semuanya lancar, dan kami sudah siap," kata Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Pol Nanan Sukarna di Jakarta, Rabu, 4 Mei 2011.

Selain pengamanan dari pihak kepolisian, Nanan mengaharapkan juga ada partisipasi dari masyarakat. Sebab, informasi dari masyarakat sangat diperlukan jika ada ancaman bom yang bisa mengganggu pelaksanaan KTT ASEAN.

"Semua aspek yang memungkinkan mengganggu, kenyamanan keamanan kami sedang antisipasi, kami mohon masukan dan informasi dari teman-teman kalau ada info," ujar Nanan.

Nanan menambahkan, jika pelaksanan KTT berjalan dengan lancar maka akan mengangkat citra Indonesia di kawasan ASEAN dan dunia. "Agar wajah Indonesia di depan ASEAN dan dunia ini juga tampil dengan baik. Itu juga sebagai pertaruhan juga, nanti kalau terjadi apa-apa," ungkapnya.

Untuk lancarnya KTT ASEAN, seluruh aktivitas dan kegiatan di lingkup komplek Gelora Bung Karno, Senayan, akan dihentikan sementara hingga pelaksanaan KTT berakhir. Menurut Direktur Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, M Nigara, sterilisasi mulai dilaksanakan 4 hingga 8 Mei 2011. "Sterilisasi akan dilakukan langsung oleh Polda Metro Jaya mulai ring 1 hingga ring 3 komplek GBK," tutur Nigara.

Sebayak 7000 personil kepolisian dan TNI akan disiagakan untuk mengamankan jalannya KTT ASEAN. Namun, Nanan tidak menjelaskan secara rinci titik mana saja yang perlu mendapatkan pengamanan secara ketat. (eh)

Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia
Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 23 April 2024: Cancer Merasa Stres, Pisces Kesulitan Finansial

Ramalan zodiak Selasa, 23 April 2024. Cancer mungkin merasa stres. Scorpio mungkin mudah tersulut emosi. Pisces mengalami kesulitan finansial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024