Ini Tawaran Rektor UGM untuk Lawan NII

Rektor UGM, Soedjarwadi, melepas mahasiswa KKN UGM
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Rektor Universitas Gajah Mada (UGM), Prof. Sudjarwadi, mengungkapkan, masa-masa mahasiswa adalah masa pencarian jati diri para generasi muda. Oleh karena itu, sudah seharusnya mereka mendapatkan perhatian khusus.

''Kita para insan kampus, dan juga orang tua serta masyarakat harus memiliki kasih sayang yang lebih terhadap mereka. Jangan mereka dibiarkan belajar sendirian,'' ujarnya saat mendampingi Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh dalam jumpa pers di Gedung Dikti, Senayan, Jakarta, Rabu 4 Mei 2011.

Dalam masa-masa pencarian tersebut, para anak muda terdidik itu sangat rentan terinfiltrasi oleh berbagai ideologi di masyarakat. Menurutnya, hal yang mengkhawatirkan adalah, bila ideologi yang mereka anut adalah paham radikal, melenceng dan cenderung mengarah ke tindakan anarki seperti yang disebarkan oleh NII atau kelompok Islam radikal lainnya.

''Maka perlu dilakukan tindakan preventif, kerjasama dengan orang tua dan masyarakat adalah salah satu faktor kunci,'' kata Sudjarwadi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menyampaikan persoalan ideologi harus didekati dengan ideologi. Tidak tepat bila pendekatan represif atau fisik yang digunakan.

''Media yang kita pakai adalah akademik keilmuan. Pemikiran, harus disandingkan dengan pemikiran,'' ujar Nuh.

Selain itu, Nuh mengungkapkan mahasiswa dan generasi muda perlu dipahamkan soal kesadaran berbangsa dan bernegara. Bagaimana mereka dapat hidup di tengah perbedaan dan keragaman agama dan budaya.

''Segala sesuatu perlu wadah, rakyat juga perlu wadah yaitu NKRI. Yang diwadahi itu karakteristiknya macam-macam, karena itu harus ada pilar kedua, Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian bagaimana kita hidup dengan pedoman Pancasila dan UUD 1945, dan kasih sayang, jujur,'' ujarnya.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024