PPATK: Ada 42 Transaksi Mencurigakan Malinda

Malinda Dee
Sumber :
  • kaskus

VIVAnews - Aliran dana dari mantan Manager Relationship Citibank, Inong Malinda Dee, terus ditelusuri oleh Pusat Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK). Hasilnya, PPATK menemukan puluhan aliran uang mencurigakan dari rekening tersangka penggelapan dana nasabah Citibank itu.

PPATK telah menelusuri sepuluh bank dan dua perusahaan asuransi yang diduga menjadi tempat penyimpanan uang hasil kejahatan Malinda. "Ada berapa ya? ada 36 atau 42 transaksi yang mencurigakan," kata Kepala PPATK, Yunus Husein di Jakarta, Jumat 6 Mei 2011.

Menurut Yunus, transaksi-transaksi yang diteliti tidak hanya milik Malinda. Melainkan juga rekening yang menerima aliran dari Malinda.

Yunus juga membantah jika ada rekening pejabat yang terlibat dalam praktek pencucian uang Malinda tersebut. "Tidak ada," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Malinda diduga mengalirkan hasil kejahatannya ke sejumlah rekening, termasuk ke rekening suami sirinya, Andhika Gumilang, adik kandungnya yang berinisial V dan iparnya yang bernisial I.

Andhika diduga menerima Rp311 juta dari Malinda melalui rekening bernama Juan Ferero. Uang itu, kemudian dibelikan sebuah mobil Hummer berwarna putih dengan nomor polisi B 18 DIK.

Sementara itu, V diduga menerima Rp1,6 miliar. Sedangkan I yang juga suami V menerima Rp7 miliar. Uang itu tak dinikmati sendiri oleh pasangan V dan I. Uang itu langsung dikeluarkan lagi ke sejumlah rekening Malinda. Pasangan ini hanya menikmati upah 'mencuci uang' Malinda itu dengan kisaran Rp2 juta hingga Rp5 juta.

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas
UOB Media Literacy Circle

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

Tingkat Literasi keuangan yang rendah di Indonesia bagaikan bom waktu yang siap meledak. Hal ini terbukti dengan semakin maraknya kasus masyarakat yang terjerat pinjol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024