Cara Susno Duadji Atasi NII

Susno Duadji, Kabareskrim Mabes POLRI
Sumber :
  • VivaNews/ Nurlis Meuko

VIVAnews -- Jawa Barat diyakini sebagai pusat Negara Islam Indonesia. Dulu,  Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo memproklamirkan pusat NII di Tasikmalaya dan kini sejumlah orang meyakini bahwa Pesantren Al Zaiytun di Indramayu adalah markas pusat NII, meski  Panji Gumilang rajin membantah soal ini.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Sesungguhnya banyak pihak di Jawa Barat, terutama kalangan agamawan, yang bisa diandalkan bekerjasama guna menghadang gerak maju jaringan aktivis NII itu. Mudahnya kerjasama dengan tokoh agama di sana, dikisahkan oleh Susno Duadji, Mantan Kapolda Jawa Barat, yang pernah menjadi Kabareskrim dan kini menjadi tersangka kasus korupsi.

"Di Jawa Barat kami berkerjasama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia)  dan tokoh masyarakat," kata Susno saat menghadiri pelantikan Kapolda Jawa Barat baru di Mabes Polri, Senin, 9 Mei 2011.

Selama menjadi Kapolda, kata Susno, banyak informasi soal jaringan ini yang dipasok oleh warga masyarakat. "Ya soal jaringan mereka, siapa yang sadar, dan belum sadar. Semua informasi itu mauk ke kami. Tapi sekarang kan sudah ditangani oleh Mabes ya," tambah dia.

Susno mengaku bahwa selama menjadi Kapolda, kepolisian mampu menjalin hubungan yang baik dengan semua stakeholder sehingga tidak ada kendala dan kesulitan dalam menangani organisasi-organisasi khususnya yang berbasis agama.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Apakah di masa kepemimpinannya, ada yang melaporkan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang ke polisi. "Belum ada, tapi waktu ada yang divonis karena makar," jawab Susno.

Saat ini persoalan NII sudah masuk ranah hukum. Adalah mantan Menteri Peningkatan  Produksi Pangan NII Komandemen Wilayah 9 (NII KW9), Imam  Supriyanto yang melaporkan pimpinan pesantren Al-Zaytun -- yang  diduga markas NII -- Panji Gumilang ke Mabes Polri. Atas kasus  penipuan.

Tak hanya itu, Imam juga berniat melaporkan pria yang memiliki nama alias Abu Maarik itu dengan tuduhan makar. Lalu kapan laporan makar diajukan? "Untuk pelaporan makar perlu waktu, tinggal menunggu keberanian pihak kepolisian saja," kata Imam saat dihubungi VIVAnews.com, Minggu 8 Mei 2011.

Bunga Zainal dan suaminya, Sukhdev Singh

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Bunga Zainal baru-baru ini menarik perhatian dengan membagikan foto-foto perjalanan keluarganya ke Punjab, India. Kunjungannya tersebut bertujuan untuk membawa anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024