Pilot Merpati Terhimpit di Kokpit

Evakuasi Korban Pesawat Merpati
Sumber :
  • ANTARA/Husyen Abdillah

VIVAnews - Tim SAR belum berhasil melakukan evakuasi terhadap pilot dan Co pilot pesawat Merpati jenis Xian MA-60 yang jatuh di perairan dekat bandara Kaimana, Papua Barat. Tim SAR butuh waktu untuk mengevakuasi kedua jenazah karena dalam posisi terhimpit di bagian kokpit pesawat.

"Pada dasarnya kita telah menemukan mereka. Tapi karena posisinya terjepit, terhimpit, kita butuh waktu untuk melakukan evakuasi," kata Kepala Bagian Humas Basarnas, Gagah Prakoso kepada VIVAnews.com, Selasa 10 Mei 2011.

Menurut Gagah, posisi pilot Purwadi Wahyu dan Co pilot Paul Nap masih berada dalam kokpit pesawat. Jenazah keduanya diduga terjepit di bagian depan pesawat tersebut. "Namanya menghunjam, dengan kecepatan yang mungkin sangat tinggi, jadi bagian depan itu masuk ke dasar laut. Istilahnya nyungsep, jadi bagian depan yang masuk ke lumpur itu juga penyok, sehingga sulit dilakukan evakuasi," kata dia.

Dia mengakui posisi pesawat yang berada di dasar laut berkedalaman tujuh hingga delapan meter itu juga mempunyai andil lamanya proses evakuasi kepada pilot dan co pilot. "Kemampuan menyelam para penyelam kita rata-rata hanya dua jam. Jadi gantin naik turun," kata dia.

Selain itu, reruntuhan pesawat yang menimbun bagian kokpit juga menyebabkan lamanya proses evakuasi. "Kemarin kita juga bongkar sedikit demi sedikit untuk menemukan korban lainnya. Sekarang juga kita lakukan pembongkaran serpihan yang menimbun kokpit," kata dia.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Namun demikian, lanjut gagah, Tim SAR akan terus berupaya  melakukan evakuasi jenazah pilot dan co pilot itu. "Kita terus lakukan upaya evakuasi," kata dia.

Pesawat Merpati Xian MA-60 rute Sorong-Kaimana terjatuh di laut sekitar 500 meter dari landas pacu Bandara Kaimana pada 7 Mei 2011. Sebanyak 25 penumpang dan awak pesawat tewas. Hingga siang ini, sebanyak 23 korban telah berhasil dievakuasi. (umi)

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Jaksa Agung ST Burhanuddin

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Keberanian Kejagung itu karena seperti mengusut dugaan kasus tambang yang merugikan negara hingga ratusan triliun rupiah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024