Thomas Djamaluddin

Belum Dipastikan, Kondisi Ekstrem Tahun 2012

Suhu bumi semakin panas
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Kemarau panjang diprediksi terjadi pada tahun 2012 mendatang di Indonesia, mengikuti siklus 15 tahunan. Sebelumnya, musim kering juga terjadi pada tahun 1982 dan 1997. Kondisi ini terkait dengan meningkatnya aktivitas Matahari.

Namun, Profesor riset astronomi-astrofisika, Thomas Djamaluddin berpendapat, prediksi tahun depan bakal terjadi kemarau panjang tidak tepat.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

"Sampai saat ini belum diperkirakan secara tepat terkait  prakiraan kondisi ekstrem tahun 2012. Kaitan menuju puncak aktivitas matahari dengan kondisi ekstrem kemarau atau ekstrem lainnya belum jelas," kata dia saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 12 Mei 2011.

Kata Thomas, bayangan apa yang terjadi tahun depan tidak semenakutkan itu. Sejauh ini ilmuwan belum bisa memprakirakan kondisi ekstrem lebih dari batas waktu enam bulan. "Paling jauh sampai enam bulan, sering kali dikoreksi. Biasanya akurat tiga bulan ke depan, enam bulan masih terlalu banyak ketidakpastian," tambah Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN itu.

Tak hanya soal prediksi adanya kemarau panjang, Thomas juga mengatakan, terkait badai matahari juga tak semengerikan yang dibayangkan. Meski ia mengakui, banyak negara maju, bahkan negara kita pun mewaspadainya.

"Namun bukan berarti membahayakan kehidupan  manusia, lebih terkait terkait kerentanan sistem teknologi yang umumnya berbasis antariksa, penggunaan satelit," jelas dia.

Apalagi, hampir semua teknologi saat ini bergantung pada sistem teknologi satelit. Jadi, tambah dia, "kaitan kondisi Matahari dengan kondisi ekstrem belum bisa diprediksi." (umi)

Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024