Ical: Saya Beberapa Kali Gagal dan Terperosok

Aburizal Bakrie di LPM
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar yang juga pengusaha nasional, Aburizal Bakrie, menjadi dosen tamu pada kuliah umum di kampus Universitas Lampung, Bandar Lampung. Mata kuliah yang diberikan, tentang motivasi berwirausaha.

Dalam ceramahnya tentang kewirausahaan dan peran kaum muda, Aburizal memotivasi para mahasiswa agar berani berwirausaha. Dengan demikian, diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Aburizal menjelaskan, mahasiswa adalah kaum muda yang menjadi masa depan bangsa. "Masa depan suatu bangsa, serta potensi kemajuan sebuah negeri, sangat bergantung kepada kualitas kaum muda," kata politisi yang akrab disapa Ical ini di Universitas Lampung, Bandar Lampung, Jumat 13 Mei 2011.

Bangsa Indonesia, menurutnya, dapat menjadi bangsa yang mandiri secara ekonomi jika kaum mudanya juga mandiri secara ekonomi. Karenanya, kepada lebih dari seribu mahasiswa dalam kuliah tamu itu, Ical sangat mendukung setiap kaum muda yang berani sekaligus kreatif dalam berwirausaha.

"Jangan berpikir bahwa berbisnis itu harus selalu dimulai dengan uang. Jangan ragu untuk berbisnis hanya karena tidak punya uang (modal)," ujar Ical.

Yang terpenting, kata  Ical, adalah terus menelurkan ide-ide kreatif. Karena ide-ide kreatif sangat menarik bagi sebuah bisnis. "Karena ide itu mahal. Bikinlah ide tentang sebuah perencanaan bisnis yang menarik, lalu tawarkan pada pemodal."

Aburizal kemudian membagi kisah hidupnya, soal pengalamannya yang jatuh-bangun dalam berbisnis sejak masih menjadi mahasiswa. "Sambil kuliah, saya belajar berusaha, menjual tas dan kaos, serta mulai bergaul dengan dunia usaha kecil."

Tapi ujar Ical, tentu semua tidak berjalan mulus. "Saya beberapa kali gagal dan terperosok, tetapi ayah saya berkata bahwa justru dengan kegagalan, kita dapat tumbuh lebih kuat. Kegagalan adalah langkah awal bagi keberhasilan."

Laporan: M Arief Hidayat

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024