Jaringan Teroris Sigit Qurdowi Kuat dan Besar

Penyerbuan Rumah Teroris di Temanggung
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Jaringan pimpinan Kelompok Tauhid Wal Jihad Sigit Qurdowi bukanlah jaringan teroris kelas teri. Jaringan ini disebut sebagai jaringan teroris cukup kuat.

"Jaringan ini (Sigit) cukup kuat dan cukup besar. Bahkan, jaringannya sampai kelompok Cirebon," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Arsyad Mbai, Rabu, 18 Mei 2011.

Tapi, dua pekan lalu Densus 88 sukses membongkar jaringan Sigit yang diduga terkait dengan teror bom Klaten dan Cirebon. Sigit akhirnya ditembak mati bersama pengawalnya yang bernama Hendro. Ada dugaan, Sigit yang melatih pelaku bom bunuh diri di masjid Ad Dzikra Mapolresta Cirebon.

Untuk mengembangkan penyelidikan, Densus akhir pekan lalu melakukan penggeledahan di rumah Sigit. Dari hasil penggeledahan, ditemukan diantaranya; delapan kilogram pupuk organik, dua kilogram arang, dua pucuk senapan angin, dan satu buah samurai.

Sigit diketahui sebagai ketua tim Hisbah. Menurut pengamat teroris, Nur Huda Ismail, Tim Hisbah itu adalah salah satu organisasi yang diisi oleh mantan preman yang bertobat.

"Di Solo ada banyak laskar. Tim Hisbah itu laskar para mantan preman yang bertaubat," kata Nur Huda.

Nur Huda sendiri mengaku kenal dengan sosok Sigit. Menurut dia, Sigit juga mantan preman yang telah bertaubat. "Dia itu juga ikut pengajian-pengajian yang diadakan kelompok lain, seperti pengajian kelompok Urwah dulu," kata dia.

Menurut dia, Sigit memiliki semangat jihad yang tinggi. "Dia punya semangat besar untuk berantas kemaksiatan. Dia preman, sweeping orang judi dan minum," jelas dia.

Laskar Hisbah sendiri didirikan sejak akhir tahun 1990-an atau awal 2000-an. "Pertengahan 2000-an namanya sudah terkenal," kata dia. (umi)

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Menaker Ida Fauziyah berhasil meraih 2 Penghargaan di ajang “5th Anniversary Indonesia Best 50 CEO Awards, Popular Leader Awards, & 20 Inspiring Women Awards.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024