Dewan Upah Harus Belajar Dari Negara Lain

Boediono dan Gamawan Fauzi
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono meresmikan Forum Konsolidasi Dewan Pengupahan se-Indonesia. Boediono berharap, Forum tersebut, baik pada tingkat daerah maupun nasional, dapat terus memberikan saran yang bermanfaat bagi pemerintahan daerah.

Dalam UU 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Dewan Pengupahan berfungsi memberikan saran, pertimbangan dan merumuskan upah minum regional di daerah dan sistem pengupahan.

"Kuncinya di sini adalah meningkatkan kualitas saran dan pertimbangan tersebut. Dan itu hanya bisa dilakukan jika hari ke hari kita akumulasi pengetahuan," kata Boediono saat memberikan sambutannya di Istana Wapres, Jakarta, Kamis 19 Mei 2011.

Dewan Pengupahan, kata Boediono, tidak membuat keputusan. Namun hanya memberikan saran dan masukan. Oleh sebab itu, Dewan Pengupahan harus terus meningkatkan kualitas saran kepada pengambil keputusan, dengan meningkatkan visi, keahlian, dan analisa terkait fungsi dan lingkup kerjanya.

Dengan forum konsolidasi, peran Dewan Pengupahan harus lebih maksimal dalam memberikan kualitas saran dengan saling bertukar pengalaman antar daerah. Bahkan, sambungnya, pengalaman negara lain pun sangat penting.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

"Globalisasi artinya kita tidak bisa melihat ke kandang sendiri lagi, kita perlu melihat yang lebih luas. Pengalaman negara lain yang terbaik itu apa, yang sukses membangun kehidupan buruh, kesejahteraan para pekerjanya."

Hadir dalam peresmian, Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. Selain itu, 250 anggota Forum Konsolidasi yang terdiri dari 80 orang dari pemerintah, 70 asosiasi pengusaha, 70 orang dari serikat pekerja dan 30 unsur pakar perguruan tinggi mewakili 34 Dewan Pengupahan kabupaten/kota dan 33 provinsi.

Muhaimin menuturkan, prinsip atau karakteristik upah minimum sebagai jaring pengaman atau safety net harus dipegang teguh.

"Karena jaring pengaman sifatnya untuk menjaga agar jangan sampai upah merosot sedemikian rupa," katanya.

Perlindungan tripartit, kata Muhaimin, untuk menentukan upah di perusahaan menjadi kunci meningkatkan kesejahteraan pekerja di perusahaan dan sekaligus menjadi kunci peningkatan produktivitas kerja dan perusahaan. "Mengingat itu harus didasari niat baik dan transparansi serta kesamaan visi dari perusahaan dan buruh," katanya.

Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024