Hasan Tiro dapat Visa Sosial

VIVAnews - Departemen Luar negeri memberikan fasilitas khusus kepada mantan pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Hasan Tiro.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

"Hasan Tiro yang selama ini berada di Stockholm, Swedia, itu akan mendapatkan visa sosial selama 60 hari," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Oktober 2008.

Menurut Faizasyah, pemberian fasilitas berdasarkan permintaan dari bawahan Hasan Tiro yang juga penandatangan kesepakatan Helsinski, Malik Mahmud.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

Sebelumnya Malik menyampaikan surat kepada Departemen Luar Negeri dan meminta agar memfasilitasi kepulangan Hasan Tiro," kata Faizasyah. Departemen Luar Negeri juga mengimbau pihak berwenang di Aceh memastikan kelengkapan dokumen administrasi rombongan Hasan Tiro.

Bagaimana bila Hasan Tiro ingin kembali menjadi warga negara Indonesia? "Itu tergantung dari yang bersangkutan," kata Faizasyah. Institusi yang terlibat selama kedatangan Hasan Tiro yakni, Departemen Luar Negeri, Departemen Perhubungan dan Kepolisian RI.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Humas Kemenko Marves]

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Luhut menilai hal ini merupakan sesuatu yang realistis, mengingat progres pembangunan IKN yang dilihatnya sudah 80 persen selesai dikerjakan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024