Gas Beracun di Dieng, Warga Segera Dievakuasi

Kawah Sileri di kawasan Dieng, Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jateng.
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Palang Merah Indonesia segera mengevakuasi ribuan warga yang tinggal di lereng Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Evakuasi dilakukan menyusul potensi bahaya gas CO2 akibat peningkatan aktivitas Kawah Timbang di Gunung Dieng. 

"Gas dari kawah terus menyembul, dibarengi dengan intensitas gempa yang terus meningkat. Jadi kami sudah siapkan rencana untuk melakukan evakuasi warga," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara, Edi Purwanto saat berbincang dengan VIVAnews.com, Minggu 29 Mei 2010.

Menurutnya, PMI juga terus memantau bersama petugas pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, untuk mengetahui aktivitas Gunung Dieng.

Berdasarkan data terakhir pada pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, kata dia, terjadi peningkatan kandungan gas CO2 pada pukul 11.17 WIB, Sabtu 28 Mei 2011, sebanyak 0,86 persen volume. Sedangkan batas aman kandungan CO2 hanya 0,5 persen volume.
 
"Kami sudah lakukan sosialisasi kepada warga di Desa Sumberejo, Serang, Kaliputih dan Simbung, untuk siap dievakuasi jika aktivitas Gunung Dieng semakin berbahaya," ungkap Edi.

Dia menambahkan, sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa berada di desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang, dan ratusan warga Dukuh Kaliputih.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menyatakan status Gunung Dieng meningkat dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II). Untuk intensitas gempa vulkanik, hingga pukul 17.00 WIB hari ini, telah terjadi 13 kali gempa.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Menurut Mulyono, warga setempat, kawasan wisata Dieng sendiri masih aman. "Daerah yang mengeluarkan gas jaraknya sekitar 12 kilometer. Di sini baik-baik saja Mas," kata Mulyono kepada VIVAnews.com.

Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024