Diperintah Masak Babi, TKW Laporkan Majikan

TKW NTT
Sumber :
  • VIVAnews/ Adri Irianto

VIVAnews -- Tenaga kerja wanita (TKW) rumah tangga asal Indonesia kembali terkait kasus hukum. Namun, kali ini giliran jadi pelapor.

Adalah pembantu asal Indonesia, Ati yang melaporkan majikannya ke polisi. Gara-gara dia dipaksa memasak babi. Padahal ia adalah muslim.

Seperti dimuat media Taiwan United Daily News, yang dilansir kembali oleh Straits Times, 29 Mei 2011, laporan tersebut ditanggapi serius oleh aparat Taiwan. Saat ini pasangan majikan Ati sedang diperiksa terkait dugaan memaksa pekerjanya yang muslim memasak babi di restoran milik mereka.

Tak hanya itu, Ati juga menuduh majikannya yang asal Kota Chiayi menunggak membayar gajinya hingga sebesar Tw$120.000.

Perempuan 28 tahun itu mengaku awalnya ia dikontrak untuk merawat ibu si majikan. Namun, ketika sampai di tempat bosnya itu, nyatanya tak ada orang lanjut usia yang harus dirawat. Ia justru dijadikan pekerja restoran dan dipaksa memasak babi di restoran, betapapun ia menolak. "Aku tak mau memasak steak babi lagi," kata Ati.

Meski notabene bukan negara muslim, penghargaan Taiwan atas hak-hak beragama para pekerja migran sangat tinggi. Pada Desember 2010, sebuah iklan ditayangkan di televisi-televisi setempat: memperingatkan para majikan untuk tidak memaksa pekerja asing dan pembantu muslim makan babi.

Dalam iklan yang diproduksi Dewan Tenaga Kerja menunjukkan, seorang pembantu Indonesia, Nina sedang merawat seorang kakek di sebuah keluarga Taiwan. "Mama mengatakan pada saya, bahwa agama Nina adalah Islam, dia tidak makan babi. Jadi kami tak boleh memberinya babi," kata seorang anak dalam iklan itu, seperti dimuat Siasat.com.

"Hari minggu, kami memberinya libur. Jadi, dia bisa ke masjid. Kata mama, jika kita memperlakukan Nina dengan baik, dia juga akan merawak kakek dengan baik."

Dewan Tenaga Kerja meluncurkan iklan tersebut pasca protes gencar pekerja muslim yang mengaku majikan memaksa mereka untuk memakan daging babi atau bahkan untuk mengubah agama mereka.

Soal babi dan tidak menghargai agama pekerja bisa menimbulkan konsekuensi serius. Pada 27 Agustus 2010, sebuah pengadilan Taiwan menjatuhkan vonis enam bulan pada seorang pemilik perusahaan pakaian olah raga. Karena memaksa tiga pekerja muslim Indonesia makan daging babi. (eh)

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024