NASA: Foto Satelit Gunung Dieng

Panorama Alam di Pegunungan Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVAnews/Adrozen Ahmad

VIVAnews -- Aktivitas Gunung Dieng sedang naik. Bahkan mulai Minggu 29 Mei 2011, gunung yang berada di tiga kabupaten di Jawa Tengah ini telah naik status menjadi Siaga atau Level III.

Tak hanya gunungnya yang diantisipasi, tapi juga gas beracun CO2 yang ke luar dari kawahnya. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan agar warga sekitar menjauhi Kawah Timbang yang terus mengeluarkan asap.

Palang Merah Indonesia (PMI) pun bersiap menghadapi kemungkinan buruk. Sebelumnya evakuasi dilakukan terhadap kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa dari desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang. Ratusan warga Dukuh Kaliputih pun siap untuk dievakuasi.

Dieng yang merupakan kompleks gunung api tua. Seperti halnya Yellowstone ataupun Dataran Tinggi Tengger, Dieng adalah dataran dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaannya.

Kawah Timbang -- yang saat ini dikhawatirkan mengeluarkan gas beracun -- terletak di dekat Kawah Sinila. Terakhir ia menyemburkan asap putih setinggi 20 meter, mengeluarkan CO2 dalam konsentrasi hingga 0,5% atau 50.000 ppm (konsentrasi normal di udara sekitar 200 ppm).

Meski bukan termasuk jajaran gunung yang aktif dipantau satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) -- seperti halnya Krakatau dan Merapi -- foto satelit Dieng bisa dilihat di situs NASA.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

NASA Gunung Dieng 1

Namun, Dieng tak tampil sendiri, NASA memotretnya bersama dengan jajaran gunung di sekitarnya, termasuk Sindoro dan Sumbing.

NASA Gunung Dieng 2

Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024