Hendropriyono Saksi Nikah Anak Panji Gumilang

Bekas Kepala BIN AM Hendropriyono
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono mengakui jadi saksi nikah anak Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Hendropriyono mengaku memang kenal dengan tokoh yang hari ini dilansir Markas Besar Kepolisian sebagai Imam Negara Islam Indonesia itu.

"Ya, orang saya kenal dan diminta (jadi saksi)," kata Hendropriyono usai mengisi Diskusi Publik "Ancaman Terhadap Keamanan Nasional/ Negara" di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, 31 Mei 2011. "Bukan Panji Gumilang saja, kalau kamu nikah saya juga datang. Saya bukan wali nikah tapi saksi," katanya.

Hendropriyono menyatakan, bukan dia saja pejabat negara yang pernah berkunjung ke Zaytun. Presiden Soeharto dan BJ Habibie juga pernah ke sana. Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Wiranto juga pernah. "Banyak tokoh lain yang juga datang ke sana," kata Hendro.

Hendropriyono mempertanyakan kebenaran Zaytun sebagai pusat kegiatan NII. Materi pelajaran di Pondok Pesantren itu sudah dicek Kementerian Agama dan tidak masalah. Bahkan 1 Juni nanti, Zaytun juga memperingati Hari Pancasila.

Gedung-gedung pun dinamakan mengikuti Bung Karno dan Bung Hatta. "Kalau mereka NII, tidak mungkin membangun gedung dengan nama musuh-musuh NII," kata Hendropriyono. "Sulit kita untuk bisa mengikuti pikiran kalau Al-Zaytun adalah NII."

Kalau pun ada orang yang direkrut menjadi NII dan kemudian menyumbang ke Zaytun, itu berarti penipuan, kata Hendropriyono. "Tapi sampai hari ini tidak pernah ada yang bilang ditipu. Mereka mengaku rela kok karena untuk Islam," katanya.

Dan Hendropriyono pun membantah tudingan dia melindungi NII. "Pakai apa melindungi, wong saya rakyat. Sepanjang pengetahuan saya, tidak ada Al-Zaytun itu NII," katanya. "Kalau kita tahu di dalam negara ada negara dan kita tidak lapor, pasti kita kena hukum." (umi)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024