Sultan: Rehabilitasi Merapi Segera Dimulai

Pasca Erupsi Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Trisnadi

VIVAnews -- Ini yang terjadi pasca erupsi Merapi akhir 2010 lalu: kawasan lereng Merapi hangus diterjang awan panas, rumah-rumah dan pekarangan terkubur abu.

Tujuh bulan berlalu, kini rehabilitasi dan rekontruksi akan segera dimulai. Sebab, Instruksi Presiden (Inpres) tentang tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca erupsi Merapi diperkirakan akan turun minggu depan.

"Saat ini kita tinggal menunggu tanda tangan Presiden tentang
Instruksi Presiden (Inpres) tentang tahap rehabilitasi dan rekonstruksiĀ  karena sudah tidak ada persoalan terkait Inpres tersebut, " kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hemengkubuwono X di Sleman, DIY, Jumat, 3 Juni 2011

Sultan menyatakan, masa rehabilitasi dan rekonstruksi pasca erupsi Merapi tidak dapat dilaksanakan manakala masa tanggap darurat belum selesai sehingga pihaknya sudah mengajukan masa tanggap darurat telah selesai kepada pemerintah pusat.

Begitu pula dengan pengajuan jatah hidup yang diusulkan untuk satu tahun, tidak perlu ditunggu-tunggu realisasinya karena belum ada kepastian dari pemerintah pusat. "Akan lebih baik bagi masyarakat jika masa rehabilitas segera dilaksanakan karena menunggu jadup juga belum pasti,"tandasnya

Menurut Sultan dalam masa rehabilitasi-rekonstruksi, pemerintah pusat juga sudah menyediakan dana hampir Rp2 triliun. Setiap warga nantinya akan diberikan dana stimulan sebesar Rp 30 juta untuk membangun rumahnya kembali.

Sebelumnya, pemerintah berencana membuat kawasan bekas bencana seluas 1.300 hektar di lereng Merapi menjadi hutan lindung yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Tak boleh ada rumah tinggal yang dibangun di atas kawasan itu. (eh)

Laporan: Juna Sanbawa| DIY

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024