Kasus Nazaruddin Momentum Pembersihan Parpol

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Vonis bebas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap Gubernur Bengkulu, Agusrin Najamudin, dan dugaan kasus korupsi M Nazaruddin yang melibatkan Partai Demokrat, harusnya dapat dijadikan momentum untuk pembersihan pada bidang hukum dan pembersihan partai politik.

"Sebenarnya kalau ditarik lebih jauh bisa dilakukan pembersihan di hukum dan pembersihan di partai politik," ujar Koordinator Peneliti Bidang Hukum dan Monitoring Pengadilan ICW, Febridiansyah, Minggu 5 Juni 2011.

Tapi faktanya saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi justru kesulitan saat akan memeriksa Nazaruddin terkait dugaan kasus korupsi Wisma Atlet. Sejak awal, KPK harusnya dapat memperjelas status Nazarudin.

"Statusnya harus jelas dulu dan jangan ada kecolongan lagi, jangan ada Mr A dan Mr C lah," kata Febri.

Menurutnya, KPK harus mengawal dan memantau Nazaruddin. Karena sesuai dengan Undang-Undang Tindak Pindana Korupsi. Pada prinsipnya semua orang bisa dipanggil sebagai saksi, atau terdakwa, dan bisa juga dijemput secara paksa. Kuncinya ada di KPK.

"KPK harus tahu dimana dan kemana Nazaruddin, KPK juga berhak memanggil dan menghadirkan Nazarudin dengan paksa," ujar Febri.

Kepergiaan Nazaruddin sebelum pencengkalan memang dianggap banyak pihak tidak melanggar hukum karena statusnya yang bukan tersangka. Tapi hal ini juga tidak menolak persepsi masyarakat bahwa Nazaruddin itu kabur.

Posisi Partai Demokrat dalam kasus juga sangat menentukan, sehingga dapat mendorong proses penegakkan hukum.

Sementara dalam kasus vonis bebas Agusrin Najamudin, ICW juga mengendus kejanggalan karena putusan bebas Gubernur Non-aktif Bengkulu ini melibatkan hakim Syarifudin Umar yang sekarang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus kepailitan perusahaan garmen, PT Skycamping Indonesia. (umi)

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024