Polisi Temukan Gudang Peledak di Poso

Boy Rafli Amar
Sumber :
  • Antara/ Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Polisi menemukan gudang bahan peledak di rumah Ahmad Ridwan, salah satu tersangka penembakan polisi di Poso, Sulawesi Tengah. Polisi juga menemukan beberapa bom yang siap ledak.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, dari hasil pengembangan penyelidikan diperoleh informasi tempat penyimpanan peledak ini. "Semua sudah kami amankan," kata Boy kepada wartawan, di Jakarta, Minggu 5 Juni 2011.

Benda-benda yang diamankan itu antara lain, empat bom pipa berdiameter 4 cm, satu bom pipa besi aktif, dan delapan bom pipa paralon yang sedang disiapkan menjadi bom pipa. "Delapan pipa ini belum berisi bahan peledak, tetapi perangkatnya sudah disiapkan," katanya.

Perangkat yang dimaksud adalah 1 kg paku ukuran 5 cm, 2 buah lem, dan beberapa alat pendukung lain. Barang-barang ini biasa digunakan sebagai bahan campuran bom.

Boy juga memastikan bahwa bom-bom itu sudah dijinakkan. Saat ini bom sudah diurai dan tengah diteliti tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor).

Penembakan polisi terjadi secara membabi buta di pos Direktorat Pengamanan Obyek Vital Polda Sulawesi Tengah, di Jalan Emy Saelan, Palu, Rabu 25 Mei 2011. Empat pelaku datang dengan dua sepeda motor sekitar pukul 11.00 Wita. Dua orang di antaranya turun dari sepeda motor, lalu menyerang tiga anggota polisi yang berjaga di pos itu dengan senjata api laras panjang.

Akibatnya, dua polisi, yakni Bripda Gustiar Yudistira dan Bripda Prawira, tewas dengan tiga sampai lima luka tembak. Satu polisi lagi, Bripda Dedi Edwar, terluka di bagian lengan. Setelah melakukan penembakan, pelaku mengambil senjata api milik anggota itu, lalu melarikan diri. (umi)

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani membernarkan pertemuan Waketum Nasdem Ahmad Ali dengan Prabowo untuk minta dukungan di Pilgub Sulteng. Ia menegaskan Gerindra mendukungnya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024