Prasasti Rumah Bung Karno Diresmikan

Prasasti Rumah Bung Karno
Sumber :
  • Tudji Martudji

VIVAnews - Ribuan orang menghadiri peresmian prasasti di rumah mantan Presiden Soekarno yang terletak di Jalan Pandean IV/40 Surabaya. Rumah ini, juga diusulkan sebagai cagar budaya Internasional.

Sebelum dipasang, kemarin prasasti ini diarak melewati sejumlah wilayah di Surabaya menuju rumah Bung Karno. Arak-arakan itu mendapat perhatian dari masyarakat luas. Hari ini, Senin 6 Juni 2011, Peletakan prasasti ini diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Peresmian diawali dengan sambutan dari Tri Risma, kemudian dilanjutkan membuka selubung penutup prasasti oleh anak Bung Karno, Hariono Sigit.

"Selanjutnya, selain di rumah, prasasti juga akan dipasang di
sekolah Bung Karno, di HIS dulu, yang sekarang menjadi kantor pos besar di Jalan Kebon Rojo, Surabaya," kata Peter A Rohi, dari Soekarno Instut, salah satu penggagas peletakan prasasti.

Acara ini tampaknya tak hanya menyedot perhatian masyarakat dan media nasional saja. Namun, sejumlah media asing juga banyak yang tertarik untuk meliputnya.

Seperti rombongan jurnalis dari stasiun televisi VPRO. Tiga jurnalis stasiun televisi asal Belanda itu mengunjungi rumah Bung Karno, Senin 6 Juni 2011.

Andrian, salah satu kru televisi VPRO yang turut dalam rombongan, mengatakan tujuan mereka ke Indonesia adalah melakukan peliputan tentang makam Belanda yang ada di Peneleh, Surabaya. Namun, mereka tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi rumah Bung Karno.

"Tujuan kita adalah ke Makam Belanda di Peneleh. Karena berbarengan ada acara ini, kami tidak ingin melewatkannya. Ini menarik, karena BK (Bung Karno) adalah orang besar," kata Andrian.

Sebelumnya, sebuah versi berbeda menyatakan Bung Karno dinyatakan lahir di rumah ini, bukan di Blitar sebagaimana selama ini diketahui masyarakat.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, umi

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Duel Dewa United vs Madura United

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dewa United menjaga asa mereka lolos ke babak Championship Series setelah menahan imbang Madura United 2-2 pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024