Alasan Ramadhan Pohan Hembuskan Isu "Mr A"

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan
Sumber :
  • Facebook Ramadhan Pohan

VIVAnews - Pemberitaan politik akhir-akhir ini didominasi  wacana soal "Mr A" -- sosok misterius yang dilontarkan oleh Politisi Demokrat, Ramadhan Pohan. Kata dia, Mr A adalah politisi yang sedang mengobok-obok Demokrat.

Siapa dan dari mana Mr A, hingga kini belum jelas. Ramadhan Pohan pun tak kunjung buka suara soal identitasnya. Bahkan sampai hari ini, polemik itu masih membingungkan.

"Kenapa kami difitnah dan diserang dengan SMS-SMS itu, dikatakan punya deposito Rp47 triliun, faktanya kami tidak punya kantor sendiri, sampai sekarang kami masih nyewa. Mr A itu (muncul) dari hasil perbincangan. Mr A itu underground," kata Ramadhan Pohan saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 7 Juni 2011.

Soal siapa Mr A, Ramadhan tak mau menjelaskan secara detil. "Yang merasa bukan Mr A, yang berwacana dan melaksanakan wacana itu untuk merobohkan imej dan reputasi Partai Demokrat jangan khawatir, tenang saja. Karena ini sangat spesifik kok orangnya," kata dia.

Ramadhan hanya memberikan petunjuk. "Saya kira kelas menengah tahu semua orang tersebut. Dan grassroot, akar rumput, di bawah. Saya bilang itu clue."

Lalu apa tujuan menghembuskan isu Mr A? "Very good question, tapi saya tidak menyebutkan, saya menjawab pertanyaan wartawan, mengenai serangan terhadap Partai Demokrat," kata dia.

"Serangan itu pertama kepada Pak SBY ada penyimpangan seksual. Kedua, SMS gelap bahwa Demokrat mempunyai Rp47 triliun. Ketiga, SMS gelap tentang Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum dan lain-lain. Keempat, Mr A, dia melaksanakan wacana buruk. Kelima, masih ada lagi nanti yang terjadi, saya bilang begitu," kata Ramadhan.

Namun, tambah Ramadhan, tak hanya Mr A yang ingin Demokrat susah, berantakan, dan menderita. "Itu masih ada, kelompok-kelompok jahat lainnya. Itu lah yang saya katakan sebagai konspirator jahat yang ada di partai politik, ataupun non partai politik."

"Pesan moral saya pada waktu itu, tolong jangan diteruskan lagi main politik yang underground dan mengobok-obok partai lain karena partai kami tidak pernah melakukan hal tersebut."

Sebelumnya, lontaran Ramadhan soal Mr A memancing komentar dari banyak politisi. Salah satunya Fungsionaris Partai Golkar Indra J Piliang. Kata dia, jika tudingan itu hanya menduga-duga, Ramadhan Pohan harus minta maaf kepada politisi yang memiliki inisial "A". "Saya kira ini harus dipertanggungjawabkan oleh Ramadhan Pohan untuk kehormatan dia sendiri sebagai Wakil Sekjen," kata Indra. (umi)

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah
J&T Connect Run 2024

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024