Mendiknas: Hormat Bendera Bukan Musyrik

Sang Saka Merah Putih
Sumber :
  • web

VIVAnews - Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengimbau sekolah-sekolah tetap mengajarkan muridnya menghormati nilai-nilai kebangsaan. Termasuk memberikan penghormatan terhadap bendera nasional.

"Kita ini kan hidup di negara Indonesia. Di setiap negara itu ada simbol-simbol kenegaraan. Penghormatan tidak sama dengan penyembahan," ujar Nuh di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 9 Juni 2011.

Sebelumnya, dikabarkan ada sekolah di Karanganyar, Jawa Tengah, yang tidak memberi hormat kepada bendera nasional dalam upacara bendera.

Menurut Nuh, penyembahan terkait aspek keagamaan. Sedangkan simbol kenegaraan tetap harus dihormati. Penghormatan terhadap simbol kenegaraan itu yang memang harus dibedakan dengan penyembahan.

"Jangan mencampuradukkan itu. Seolah penyembahan, kaitannya dengan kemusyrikan," kata Nuh.

Nuh melanjutkan, cara orang memberikan penghormatan bisa berbeda-beda tergantung dari budayanya. Di Jepang, masyarakat membungkukkan badan dianggap sebagai sikap memberi penghormatan. Di belahan dunia lain bahkan ada bentuk penghormatan ditunjukkan dengan membusungkan dada.

"Kalau menyangkut penyembahan, itu memang harus dibedakan. Bendera saya sembah itu juga nggak boleh," ucap Nuh.

Dengan demikian, Nuh menyatakan akan berdialog dengan sekolah bersangkutan untuk membuka pemahaman. Ini dipilih Nuh ketimbang harus langsung memberi sanksi dengan menutup sekolah yang mengajarkan siswa tidak menghormati bendara nasional.

"Iya, ini kan bukan buka atau tutupan. Kita ajak dialog dulu, maunya kayak apa sih," kata Nuh.

Prinsipnya, menurut Nuh, masyarakat mesti memahami bahwa ada nilai-nilai kebangsaan yang harus dijunjung dan diikuti. Segala hal yang bersifat nasionalisme seyogianya ditarik pula menjadi bagian dari kearifan lokal.

"Pokoknya selama di Indonesia, harus mengikuti nilai-nilai kebangsaan," tutur Nuh. (umi)

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya
Mooryati Soedibyo

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Ada berita duka cita yang menyelimuti kita hari ini. Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha yang dikenal luas, telah berpulang pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024