Menkes:

"Tak Ada Kata Sembuh untuk Penyakit Dora"

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan penyakit Dora Indrianti Tri Murni kemungkinan besar tidak akan sembuh. Diperlukan perawatan rutin untuk mengatasi kelainan trombosit pasien asal Padang tersebut.

"Tidak ada kata sembuh bagi penyakit ini. Secara berkala, pasien harus menerima transfusi darah," kata Menteri Endang pada konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Jumat, 10 Juni 2011.

Menurut Endang, penyakit kelainan darah (trombopaty) yang diderita Dora mirip seperti kelainan darah lainnya seperti talasemia yang membutuhkan perawatan secara teratur.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dora yang tercatat sebagai mahasiswi ini menderita penyakit aneh. Jika banyak pikiran, darah segar akan keluar dari pori-pori kulitnya bagai keringat. Saat kondisinya menurun, darah bahkan mengucur dari telinga, mulut, dan hidung Dora.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Dora pun diketahui jadi tulang punggung bagi kedua adiknya, selain harus membiayai hidupnya. Karena itu, Pemerintah berniat membiayai pengobatan Dora. Dana Jaminan Kesehatan Masyarakat, ujar Endang, juga meliputi bantuan perawatan untuk kelainan darah yang biayanya memang cukup mahal.

"Saya mendapat laporan, dia tidak mampu sehingga akan mendapat bantuan dari dana Jamkesmas. Namun setelah kelainannya didiagnosis, kalau bisa dipindahkan ke rumah sakit daerah agar bisa kuliah dan kerja."

Menkes menambahkan, untuk beberapa penyakit yang membutuhkan biaya mahal atau hal khusus lainnya,  memang ada dana Jamkesmas. Namun tidak dipublikasikan.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

"Ada yang meminta bantuan pengobatan dan perawatan. Namun kami harus mempertimbangkan kembali dana yang digunakan segelintir orang kalau dialihkan ke masyarakat luas akan lebih bermanfaat." (umi)

Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024