Harga Pesawat Presiden Bisa Turun US$4 Juta

Pesawat Airbus 330-200 milik Garuda Indonesia.
Sumber :
  • Antara/ Audy Alwi

VIVAnews – Pemerintah akan membeli pesawat kepresidenan jenis Boeing Jet 2 seharga US$58 juta atau Rp494 miliar. Rencana pembelian itu telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011, dan telah mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Namun, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, pemerintah masih melakukan negosiasi harga pesawat kepresidenan itu. Menurut Sudi, harga pesawat masih bisa turun. “Harganya bisa turun lagi sebanyak US$4 juta,” kata Sudi di Bandara Halim Perdanakusumah, Senin 13 Juni 2011.

Menurutnya, proses pembelian pesawat kepresidenan itu sudah berlangsung sesuai mekanisme yang berlaku. Negosiasi harga pun dilakukan sesuai permintaan DPR yang menginginkan adanya efisiensi harga. Dalam APBN 2011, uang muka untuk pembelian pesawat tersebut dialokasikan sebesar Rp200 miliar.

Sudi mengungkapkan, pesawat kepresidenan itu akan tiba di tanah air pada akhir tahun 2013. Sebetulnya pemerintah telah lama merencanakan pembelian pesawat kepresidenan. Namun rencana tersebut tak kunjung direalisasikan menyusul banyaknya pro dan kontra pembelian.

Pemerintah beralasan, pembelian pesawat kepresidenan akan lebih menghemat anggaran, dibanding harus menyewa pesawat setiap kali presiden melakukan kunjungan ke luar kota atau ke luar negeri. Pada tahun 2010 misalnya, biaya sewa pesawat untuk operasional presiden per tahunnya mencapai Rp180 miliar.

Dalam lima tahun, Rp900 miliar anggaran negara habis hanya untuk menyewa pesawat. Sementara bila membeli pesawat sendiri, harganya tidak semahal itu. Oleh karena itu, pemerintah dan DPR akhirnya menyetujui pembelian pesawat kepresidenan. (adi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024