Megawati: Siapa yang Punya Foto Bung Karno?

Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri
Sumber :
  • ANTARA/Farras

VIVAnews - Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri mengingatkan agar masyarakat yang mempunyai koleksi foto perjuangan termasuk di dalamnya foto Bung Karno untuk diserahkan ke Yayasan Bung Karno atau Arsip Nasional.

"Arsip Nasional minim sekali dengan dokumentasi. Sebagai sebuah bangsa dari sejak saya belum sampai menjadi presiden, saya sangat merasakan kelemahan tersebut," kata Megawati dalam sambutannya saat membuka pameran foto Bung Karno, 'Aku Melihat Indonesia' di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Senin, 13 Juni 2011.

Menurut Mega, jika banyak koleksi foto-foto sejarah, maka akan lebih mudah untuk mengetahui perjalanan bangsa. "Saya mencoba menggerakkan masyarakat dan kolektor yang bisa menampilkan hal tersebut," ujarnya.

Mega menambahkan, saat ini Indonesia seperti mengalami kekosongan alur benang merah sejarah bangsa. Padahal, tidak mungkin sebuah negara terbangun tanpa adanya seorang tokoh bangsa.

"RRT [China] sekarang menjadi negara super power, karena RRT tetap mengatakan pada bangsanya bapak bangsanya adalah Mao Ze Dong. India, siapa pun yang sedang berjalan kalau ditanyakan siapa bapak bangsa mereka Mahatma Gandi, Jawaharlal Pandit Nehru," terang Mega.

Dengan contoh itu, Mega mengingatkan jika bangsa Indonesia tidak mampu merangkai sejarahnya maka akan menjadi bangsa yang tertinggal. "Tapi kalau ditanya, siapakah bapak bangsa kita? Satu-satunyanya orang yang memerdekakan bangsa ini dengan ucapan maka bapak bangsa Indonesia adalah Bung Karno," tutur Mega.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024