Fahmi Idris: Nunun Terapi Keseleo, Bukan Lupa

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • grewnews

VIVAnews -- Meski foto dan identitasnya sudah terpampang di situs Interpol, keberadaan Nunun Nurbaeti Daradjatun masih misterius.

Di tengah ketidakpastian, mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris mengaku memiliki beberapa informasi soal istri mantan Wakapolri, Adang Daradjatun itu. "Ibu Nunun ke Kamboja untuk menghindar, mencari tempat yang lebih baik," kata Fahmi di Mahkamah Konstitusi, Kamis 16 Juni 2011.

Ditambahkan dia, saat berada di Bangkok, kaki Nunun mengalami kecelakaan kecil. "Keseleo. Sekarang rutin mengunjungi rumah sakit di Phnom Penh untuk fisioterapi," kata Fahmi. "Jadi dia terapi untuk kakinya, bukan lupa ingatan."

Nunun, jelas dia, ada di ibu kota Kamboja itu sejak 25 Maret 2011. "Tinggal di suatu hotel," kata dia. Menurut Fahmi, jika Nunun mau ke luar dari Kamboja, ada dua kemungkinan yang bisa ia tempuh: menggunakan paspor orang lain yang mirip atau membuat paspor seperti modus yang dilakukan Gayus Tambunan. " Nunun di sana didampingi dua orang dari keluarga."

Apakah benar Nunun dilindungi bodyguard? "Kalau bodyguard kan bisa dibayar, kamu punya uang saja bisa bayar," jawab Fahmi.

Suaminya, Adang Daradjatun, kata Fahmi Idris, sering menengok Nunun di lokasi persembunyiannya. "Lamanya tergantung, kadang sebulan tiga kali, atau sebulan sekali. Waktu tahun baru 10 hari," ujar dia.

Lalu, dari mana Fahmi tahu detil informasi soal Nunun? "Ada. Itu saja (yang) belum saya buka  semua."

Untuk diketahui, Nunun pergi ke luar negeri saat statusnya masih sebagai saksi terkait suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004. Nunun, kala itu ‘pamit’ akan berobat ke Singapura atas penyakit ‘misterius’ yang dia derita.

Namun, hingga statusnya ditingkatkan menjadi tersangka oleh KPK, dia tak kunjung pulang ke Indonesia. Bahkan, keberadaan Nunun semakin kabur. Ia dideteksi pernah berada di Thailand dan Kamboja. Untuk memburu Nunun, KPK telah meminta bantuan Interpol dan menyebarkan identitasnya ke 188 negara.

Adang hingga kini masih mengunci rapat  informasi keberadaan sang istri. Meski Nunun yang juga Komisaris PT Wahana Esa Sejati sedang diburu interpol, Adang tak berkenan mengkonfirmasi kebenaran istrinya berada di Kamboja.

"Saya tidak akan menjawab kebenaran apakah Ibu ke Kamboja. Mau berobat dimanapun terserah Ibu," kata Adang, di Jakarta, Kamis 9 Juni 2011. (sj)

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024