Priyo: Pansel KPK Sebaiknya Jemput Bola

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengatakan DPR mengharapkan panitia seleksi pimpinan KPK dapat menemukan orang-orang berkualitas terbaik dan memiliki kredibiltas tinggi.

"Kami menaruh harapan besar pansel pimpinan KPK kali ini berhasil menelurkan calon terbaik yang punya reputasi dan track record jelas untuk menjadi pimpinan KPK mendatang," ujar Priyo di DPR RI, Jakarta, Jumat 17 Juni 2011.

Menurut Priyo, bila perlu pansel dapat berinisiatif mengundang atau meminta kesediaan para tokoh berkualitas tinggi itu untuk mengikuti proses menjadi pimpinan KPK. "Ada baiknya pansel menjemput bola," kata Priyo.

"Busyro Muqoddas, Bambang Widjayanto, Jimly Asshidiqqie, menurut saya mereka punya reputasi dan kredibilitas tinggi," tambah Priyo.

DPR, menurut Priyo, menunggu keberhasilan pansel dalam menemukan calon terbaik. Setidaknya kualitas para calon itu setingkat dengan Busyro atau Bambang Widjajanto.

"Kalau yang diusulkan pansel adalah orang-orang sekaliber mereka, maka itu bagus," kata Priyo.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi minimnya jumlah pendaftar bakal calon pimpinan KPK, Pansel sudah melakukan inisiatif menghubungi sejumlah tokoh untuk mendaftar.

Anggota Pansel KPK, Saldi Isra, mengemukakan pansel memang telah menghubungi beberapa orang di antaranya pengamat hukum Bambang Widjayanto, mantan Wakil Ketua KPK Amin Sunaryadi, Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Aswanto, dan pakar Hukum Tata Negara, Fajrul Falaakh.

"Tidak ada jaminan dan janji-janji bahwa Pansel akan memberi posisi sebagai pimpinan KPK kepada orang yang dihubungi," kata Saldi. (eh)

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024