Pengusiran Siami, Negara Darurat Kejujuran

Siami dan Alif
Sumber :
  • ANTARA/Risyal Hidayat

VIVAnews - Pengusiran warga kepada Siami, wali murid yang membongkar praktik 'contek massal' di SDN Gadel II Surabaya dinilai sebagai tragedi kejujuran.

"Negara kita darurat integritas, darurat kejujuran," kata aktifis dari Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM), OC Mardil dalam diskusi Tragedi Siami dan Negeri Kleptokrasi di Jakarta, Sabtu 18 Juni 2011.

Menurut dia, krisis kejujuran ini disebabkan oleh prilaku pemerintah Indonesia yang tidak lagi menunjukkan kejujuran. Tidak ada keteladanan kejujuran dari penyelenggara negara kepada rakyat. "Contoh Bu Siami ini sebagai sok terapi agar muncul kejujuran-kejujuran yang dilakukan oleh aktor penyelenggara negara," kata Mardil.

Dia mengatakan, untuk memutus praktik-praktik curang seperti itu, tak cukup hanya memperbaiki sistem saja. Menurut dia, para pelaku kecurangan itu juga harus disingkirkan.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

"Dalam kleptokrasi, pelakunya harus disingkirkan dari institusi negara. Kalau kita sibuk membenahi sistem, sementara pelaku masih dinbiarkan akan sia-sia saja. Karena aktor itu akan menjadi penyakit sistem," kata Mardil.

VIVA Militer: Tank tempur Israel di kota Rafah, Jalur Gaza selatan

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Pasukan Israel membombardir wilayah Rafah, pada Kamis, 9 Mei 2024 ketika Benjamin Netanyahu mengabaikan ancaman Presiden AS, Joe Biden untuk menahan pasokan senjata.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024