Soal Ruyati, Pemerintah Jangan Cuma Sedih

Ruyati
Sumber :
  • VIVAnews / Erik Hamzah

VIVAnews - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI, Chusnunia, meminta Pemerintah untuk terus mengawal tuntas perlindungan Tenaga Kerja Indonesia setelah tewasnya Ruyati binti Satubi yang dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan di Arab Saudi. Ruyati tewas setelah pengadilan memvonisnya bersalah karena telah membunuh majikannya.

“Sikap pemerintah Indonesia, khususnya Kementrian Luar Negeri, harus mengawal tuntas kasus ini dengan tegas. Belum sepenuhnya Ruyati yang bersalah,” kata Chusnunia, dalam pernyataan tertulis yang diterima VIVAnews, 19 Januari 2011.

Pemerintah pun diminta untuk menekankan proses hukum agar sesuai dengan keadilan, termasuk transparansi proses hukum yang diterima Ruyati. Kedutaan Besar RI di Arab Saudi didesak untuk melakukan diplomasi dan memperjuangkan semaksimal mungkin terkait proses hukum yang menyebabkan Ruyati divonis mati.

“Hanya belasungkawa tidak cukup. Sebaiknya runtutan proses peradilan juga diminta transparan di Arab Saudi. Bukannya ada Kementrian Luar Negeri, petugas dari Indonesia memperjuangkan permasalahan hukum bagi TKI,” ucap anggota DPR dari Fraksi PKB ini.

Chusnunia kemudian mempermasalahkan kelambatan Pemerintah dalam menangani kasus hukum yang menimpa Ruyati. Padahal, Ruyati dituduh melakukan pembunuhan majikannya sejak awal tahun 2010.

"Ruyati dituduh melakukan pembunuhan pada majikannya awal tahun 2010, sampai pada mencuatnya berita tentang Ruyati dihukum pancung tidak jelas penyampaian informasinya. Kemenlu bertanggung jawab, kan bisa diruntut benar atau tidak majikannya dibunuh. Ruyati sendiri dapat perlakuan kekerasan dari majikannya,” lanjut dia.

Kemenlu pun diminta menyampaikan secara jelas kronologis kasus yang menimpa Ruyati. Belajar dari kasus Ruyati, Kemenlu diminta untuk lebih mendesak proses hukum yang transparan terhadap masalah hukum yang menimpa WNI. (ren)

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024