Penyalur Ruyati Akan Dilaporkan ke Polisi

Ruyati
Sumber :
  • VIVAnews / Erik Hamzah

VIVAnews - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan melaporkan perusahaan penyalur Ruyati ke pihak kepolisian jika terbukti memalsukan dokumen.

"Kalau ada unsur pidana seperti pemalsuan akan dilaporkan ke kepolisian," kata Deputi Bidang Perlindungan Hukum BNP2TKI Lisna Yoeilyani Poelongan dalam keterangan persnya di Kantor BNP2TKI, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin 20 Juni 2011.

Lisna menduga penyalur Ruyati telah memalsukan dokumen saat pengiriman ke Arab Saudi. Saat berangkat menjadi TKI pada tahun 2008 lalu, Ruyati berusia 54 tahun, padahal dalam Undang- Undang nomor 39 tahun 2004 penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia, saat mendatfar batas minimal usia TKI 18 tahun dan maksimal berusia 39 tahun.

Lisna memastikan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terhadap dokumen tersebut ke PT Darsa Graha Utama sebagai pengirim Ruyati. Dokumen yang diminta itu antara lain perjanjian penempatan, dan perjanjian kerjasama penempatan. Namun dokumen yang dibawa oleh PT Darsa Graha Utama saat bertemu dengan pihak BNP2TKI hari ini masih belum lengkap. "Kalau sudah lengkap akan diusulkan ke Kemenakertrans," katanya.

Terkait dengan sanksi yang akan diberikan, BNP2TKI akan mengusulkan ke Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk ditindak lebih lanjut. Sanksi itu maksimal berupa pencabutan izin perusahaan Darsa Graha Utama.

Agar kasus Ruyati tidak terulang bagi calon TKI mendatang, Lisna menghimbau kepada calon TKI untuk menyiapkan fisik dan mental, melakukan pelatihan baik bahasa budaya dan hukum-hukum diwilayah penempatan, budaya kerja, budaya di rumah tangga dan budaya pada umumnya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Ruyati telah dieksekusi mati oleh pengadilan Arab Saudi. Pengadilan Arab Saudi menyatakan Ruyati terbukti membunuh majikannya. (eh)

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024