Tiga Hakim Kasus Antasari Penuhi Panggilan KY

Antasari Azhar usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tiga hakim yang menangani kasus Antasari Azhar memenuhi panggilan Komisi Yudisial. Ketiganya akan menjalani pemeriksaan atas dugaan pelanggaran kode etik saat menyidangkan kasus itu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ketiga hakim itu adalah Herry Swantoro, Ibnu Prasetyo, dan Nugroho Setiadji. Ketiga hakim tersebut tiba di Gedung KY, Jakarta Pusat pukul 09.30 WIB, Selasa 21 Juni 2011. Ketiganya mengenakan seragam safari.

Setibanya di Gedung KY, mereka langsung mengisi buku tamu dan langsung menuju lantai lima untuk menjalani pemeriksaan. Tak ada komentar sedikit pun keluar dari mulut ketiga hakim itu. Sampai saat ini pemeriksaan masih berlangsung.

Rencananya ketiga orang hakim ini akan dimintai keterangannya oleh Tim Panel KY yang terdiri dari Suparman Marzuki, Taufiqurrahman Syahuri, dan Jaja Ahmad Jayus.

Sebelumnya, KY menyatakan ada kejanggalan dalam putusan kasus pembunuhan yang membelit mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu. Kejanggalan itu antara lain majelis hakim telah mengabaikan keterangan saksi ahli balistik. Selain itu, baju Nasrudin yang dipakai saat tertembak tak pernah diajukan ke persidangan. Sehingga, KY menduga kuat telah terjadi pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh hakim kasus Antasari Azhar.

Antasari Azhar sendiri telah dijatuhi hukuman 18 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti sebagai otak pembunuhan Nasrudin. Upaya hukum yang ditempuh Antasari ditolak oleh hakim, baik di tingkat banding maupun kasasi. Antasari, tetap dihukum 18 tahun penjara. Namun, Antasari belum menggunakan Peninjauan Kembali sebagai upaya hukumnya. (umi)

Persita Vs Persib di Bali, Maung Bandung Diuntungkan?
[dok. PT Jasamarga Transjawa Tol]

Jasa Marga Catat 714 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat bahwa sudah ada sebanyak 714.093 kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek selama tiga hari pasca Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024