Alasan Polri Sulit Usut Kasus Andi Nurpati

Dokumen Andi Nurpati
Sumber :
  • VIVAnews/ Nur Eka Sukmawati

VIVAnews - Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi mengatakan penyidik Mabes Polri mengalami kesulitan mengusut dugaan pemalsuan surat putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Ito, salah satu kesulitan adalah tak adanya laporan resmi atas kasus pemalsuan yang diduga dilakukan oleh mantan anggota Komisi Pemilihan Umum, Andi Nurpati itu.

"Sehingga kita menunggu, itu harus dituangkan juga dalam laporan resmi tidak serta merta hanya laporan saja jadi laporan polisi. Kan ada proses penyelidikan dalam suatu perkara, dari pihak pelapor siapapun pelapornya itu ya harus membuat laporan kan," kata Ito di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 22 Juni 2011.

Kesulitan lain yang dialami polisi adalah tidak adanya surat asli. Polisi, kata Ito, hanya memperoleh foto copy surat yang diduga dipalsukan itu.

"Yang aslinya belum ada, kalau di forensik kan harus ada yang asli dan palsu. Ini yang masih kita minta," kata dia.

Namun demikian, lanjut Ito, polisi tetap melanjutkan penyelidikan dengan meminta keterangan dari saksi. "Pihak-pihak yang diduga ada kaitannya kita mintai keterangan sebagai saksi," kata dia.

"Tentunya ini kita harus mengumpulkan keterangan dari saksi, kan ini ada dugaan dan untuk membuktikan itu penyidik harus mengumpulkan alat bukti. Jangan sampai nanti kita ajukan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) tapi nggak punya alat bukti."

Sebelumnya, Ketua MK Mahfud MD mengatakan pihaknya telah membuat laporan resmi kepada polisi terkait dugaan pemalsuan ini. Bahkan, kata Mahfud, dalam laporan itu secara tegas menuliskan nama AndiNurpati.

"Saya pastikan dalam laporan MK ke Polri 12 Februari 2010 menyebut nama Andi Nurpati, yakni pada halaman 2 butir 5, dua baris dari bawah," kata Mahfud MD kepada VIVAnews.com, Senin 30 Mei 2011 malam. (eh)

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN
Chandrika Chika.

Ayah Chandrika Chika Bantah Anaknya Pakai Narkoba Setahun: Ambil Berita Langsung dari Sumbernya

Usai menjenguk, ayah Chandrika Chika, Jusman, angkat bicara mengenai simpang siur terkait dengan kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat putrinya yang selebgram.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024