Ical: Mengapa Masyarakat Mudah Marah?

Aburizal Bakrie, Rapimnas NTB
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie terkejut dengan kekerasan komunal yang melemahkan sendi integrasi bangsa. Aburizal terkejut, mengapa rakyat Indonesia mudah tersulut emosi.

"Tentu saja kita sedih dan prihatin, mengapa seolah-olah masyarakat Indonesia menjadi sangat mudah marah dan tidak segan-segan melakukan kekerasan terhadap sesama anak bangsa," kata Aburizal Bakrie.

Aburizal mengambil contoh, pada bulan lalu misalnya, ratusan penumpang kereta api yang terkena razia penertiban di Stasiun Manggarai mengamuk. Menurut Aburizal, saat itu selain melempari petugas dengan batu, massa juga menghancurkan sejumlah fasilitas publik yang ada di stasiun.

Contoh lain, lanjut Aburizal, gara-gara salah satu temannya tidak lulus Ujian nasional 2011 lalu, beberapa murid SMAN I Nubatukan, NTT, membanting dan memecahkan kaca jendela kelasnya.

Belum lagi peristiwa di Kampung Sokori, Kabupaten Jayapura, Papua. Terjadi perang antar-kampung karena perebutan wilayah yang menewaskan satu orang. Bahkan, di mana-mana sering terjadi perkelahian antar pelajar dan mahasiswa.

"Itu hanya contoh kecil di antara banyak kasus kekerasan lainnya," kata Ical --sapaan Aburizal-- saat menjadi keynote speaker seminar "Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan untuk Pembentukan Karakter Bangsa" di gedung DPR, Jakarta, Rabu 22 Juni 2011.

Menurut Ical, masih banyak contoh lain yang tidak secara langsung berkenaan dengan kekerasan, tetapi terkait erat dengan keteladanan dan perilaku elit dan masyarakat yang rasa-rasanya jauh dari karakter bangsa kita yang ber-Pancasila. (umi)

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik
VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Sekitar 15 roket pada hari Rabu, 24 April 2024, ditembakkan dari Lebanon selatan menuju wilayah Galilea utara Israel dan memicu sirene di daerah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024