Aburizal: Moratorium TKI Bukan Solusi

Pemulangan TKI Bermasalah : Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, menilai keputusan DPR yang meminta moratorium pengiriman TKI ke luar negeri bukan solusi terbaik mengatasi persoalan buruh migran saat ini.

"Saya kira bukan moratorium tapi diberikan suatu pendidikan tentang risiko-risiko dan sebagainya karena undang-undang yang ada di sana berbeda dengan yang ada di sini," kata Aburizal di Gedung DPR, Rabu, 22 Juni 2011.

Menurut dia, moratorium saat ini menimbulkan masalah baru. Masalah itu meliputi ketersediaan lapangan kerja yang ada di dalam negeri. "Kalau moratorium langsung bagaimana dengan satu juta lapangan pekerjaan, apakah semua sudah bisa membuat satu juta lapangan kerja itu," ujarnya.

Ical menambahkan, secara dingin harus dipikirkan perlindungan TKI di luar negeri. "Bahwa memang kita mau mengadakan suatu proteksi kepada seluruh TKI tapi proteksi itu juga harus berupa bagaimana lapangan kerja di Indonesia," tuturnya.

Ia lalu mengusulkan, sebaiknya ada pendidikan khusus bagi pekerja Indonesia yang akan dikirim ke luar negeri. Menurutnya, dengan bekal ilmu, risiko terjadinya persoalan bisa diminimalisir.

"Selain itu,  juga ada diplomasi pemerintah, diplomasi di tingkat tinggi pemerintah." tegasnya.

Apakah harus ada tim terpadu? "Nggak usah pakai tim terpadu, yang sekarang saja sudah bisa," katanya. (umi)

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini
Ilustrasi warga Wamena, Papua memasukan kertas suara saat berikan hak suaranya pada Pemilu

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Selain Kabupaten Puncak, pengawasan di Papua Tengah juga dikhawatirkan tak bisa maksimal saat Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024