Batas Indonesia-Malaysia Belum Jelas

Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Indonesia masih memiliki beberapa persoalan perbatasan yang sebagian masih dalam perundingan. Contohnya, perbatasan zona ekonomi dan batas teritori Indonesia dengan beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia.

Pakar Hukum Kelautan, Hasjim Djalal, mengatakan, perbatasan zona ekonomi antara Indonesia dengan negara tetangga adalah persoalan terbesar yang masih mengendap di meja perundingan.

"Indonesia masih memiliki persoalan pada perbatasan zona ekonomi. Kalau perbatasan teritorial sesungguhnya sudah hampir selesai, meski ada beberapa yang masih dirundingkan. Dan, Indonesia sudah terus berusaha merundingkan soal batas-batas itu," katanya, saat ditemui di sela-sela acara The 35th Annual Conference on The Law of The Sea Ocean Policy, Maritime Border Diplomacy, di Nusa Dua, Bali, Kamis 23 Juni 2011.

Hasjim menjelaskan, batas negara Indonesia dengan Malaysia di Johor Timur dan Pulau Bintan terbentur konflik Singapura dan Negeri Jiran tersebut. Perselisihan perbatasan itu tidak bisa selesai karena terkait perselisihan Malaysia dengan Singapura.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Ada batu-batu karang di situ, hingga dibawa ke Mahkamah Internasional untuk menentukan siapa yang memiliki batu karang itu. Sudah ada keputusan Mahkamah Internasional, tetapi belum tuntas juga. Suatu ketika kita juga harus tetapkan batas itu dengan tegas," ujar Hasjim.

Selain dengan Malaysia, Indonesia juga masih memiliki perselisihan perbatasan dengan Singapura. "Dengan Singapura dan Malaysia hingga kini masih dalam tahap perundingan," katanya.

Terkait zona ekonomi, sambung Hasjim, jika mengacu kepada aturan hukum, maka suatu negara berhak menentukan zona ekonomi sepanjang 200 mil dari garis pantainya. Jika kurang dari itu dan lautnya kurang dari 400 mil, maka harus ditetapkan melalui persetujuan. Jarak laut Indonesia dan Malaysia sendiri kurang dari 400 mil, terutama di Selat Malaka.

"Maka itu harus dirundingkan. Atau misalnya di laut China Selatan atau di laut Sulawesi, itu juga harus dirundingkan. Dengan Malaysia, itu batasnya yang tidak jelas. Kita sudah berusaha, tetapi belum ada kesepakatan," kata ayah dari Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal itu.

"Yang sudah ada kesepakatan dengan Australia di Laut Arafura, di Selatan Tanimbar, di Selatan Pulau Jawa dengan Pulau Christmas itu. Indonesia dan Australia sudah ada kesepakatan mengenai garis batas," katanya.

Hasjim menjelaskan, batas negara itu sendiri ada bermacam-macam. Ada batas teritorial, batas kewenangan, ada batas kekayaan alam, ada juga batas pengawasan. Semua batas-batas itu, sambungnya, harus juga dirundingkan agar tak menjadi masalah di waktu depan.  (Laporan: Bobby Andalan | Bali)

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024