Kemenkumham Siapkan Modul Persiapan TKI

TKI terlantar di Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/SAPTONO

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan Kemekumham membentuk tim untuk menunjang kesiapan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. Tim ini melakukan penelitian terhadap sejumlah hal di negara yang akan ditempatkan TKI.

"Tim melakukan penelitian, antara lain terhadap adat istiadat lokasi di negara yang akan ditempatkan TKI. Juga sistem hukum di negara TKI akan ditempatkan," kata Patrialis di Kantor Presiden, Kamis, 23 Juni 2011.

Kemudian, tim juga mempelajari kasus-kasus hukum yang pernah dihadapi warga negara Indonesia di sejumlah negara. Selain itu, juga dikaji mengenai perlindungan Hak Asasi Manusia dan hak-hak yang harus diperoleh TKI. "Misalnya gaji, asuransi, dan hari libur," lanjut Patrialis.

Seluruh hasil penelitian ini kemudian akan disimpulkan secara sederhana dalam sebuah modul. Rencananya, modul ini akan diberikan kepada TKI sebelum diberangkatkan ke luar negeri.

Kemenkumham pun sudah berkoordinasi dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait pelaksanaan pembagian modul ini. (eh)

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun
Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024