Tiga Kesepakatan SBY-DPR

Rapat Konsultasi Presiden dengan DPR di Istana Negara
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Rapat konsultasi antara pemerintah yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan legislatif yang dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie membahas tiga hal. Tiga tema yang dibahas yakni, program legislasi nasional, pemekaran wilayah, dan penanganan tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Penegasan itu disampaikan SBY dan Marzuki Alie dalam keterangan pers yang dihadiri pimpinan DPR lainnya dan sejumlah menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 24 Juni 2011.

Pembahasan pertama mengenai program legislasi nasional. Menurut SBY, pemerintah dan DPR sepakat mengevaluasi sejauh mana penerbitan undang-undang yang telah ditetapkan sebagai prioritas di tahun depan, tahun kedua masa bakti pemerintah dan DPR, dan tahun kelima.

Pembahasan kedua, mengenai pemekaran daerah. Pemerintah dan DPR sepakat bahwa pengembangan atau pengurangan wilayah otonomi harus sinergi dengan kesejahteraan rakyat. Pemekaran daerah harus sejalan dengan efektivitas pembangunan.

"Ketiga, pemerintah dan DPR serius membahas langkah-langkah penataan, perbaikan, dan penyempurnaan menyangkut sistem dan praktek penempatan TKI di luar negeri," kata SBY.

Hal senada disampaikan Marzuki Alie soal tiga pembahasan utama dalam rapat konsultasi ini. Khusus untuk pembahasan TKI, pemerintah dan DPR sepakat memperkuat lembaga masing-masing untuk menangani TKI di Arab Saudi dan negara lain.

"DPR dan pemerintah sepakat mengintensifkan pertemuan konsultasi selama 4 bulan sekali, untuk merespons hal-hal yang perlu penanganan segera," kata Marzuki. (eh)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024