Ketua MA: Tak Ada Pejabat yang Bersih

Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa
Sumber :
  • Widodo S. Jusuf/Antara

VIVAnews - Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin A Tumpa, prihatin dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sedang sakit. Karena banyak sekali pejabat yang mengklaim paling bersih dan menghujat yang lain.

"Kita sekarang melihat pejabat-pejabat itu saling menghujat, saling menyalahkan, saling menyombongkan diri, saling tidak menghargai pejabat lain dan merasa hanya dia sendiri yang benar," kata Harifin di Gedung MA, Jakarta, Kamis 23 Juni 2011.

Menurut Harifin, sebagai seorang pejabat, seharusnya bertindak sebagai negarawan dan melihat ke depan. "Saya kira tidak ada seorang pejabat pun yang bersih, artinya yang tidak mempunyai kesalahan apapun. Namanya saja manusia kan. Memang kita tidak bisa melupakan masa yang lalu, tapi mari kita pergunakan itu sebagai pemicu untuk berbuat lebih baik," ujarnya.

Harifin berharap seluruh komponen peradilan mulai tingkat MA sampai tingkat bawah agar lebih fokus terhadap lingkungannya masing-masing supaya visi misi untuk mewujudkan lembaga peradilan yang bersih bisa tercapai.

"Coba Anda bayangkan institusi yang begini besar dibandingkan dengan institusi yang begitu kecil, di situ juga terjadi sesuatu kan. Jadi itu bisa terjadi di mana-mana, baik di institusi yang besar ataupun yang kecil. Tetapi kalau terjadi di institusi yang kecil kan itu jadi pertanyaan, bagaimana manajemennya?," tuturnya.

Apakah yang dimaksud Harifin adalah Mahkamah Konstitusi (MK)? "Saya tidak tahulah, saya tidak mau menyebut orang. Saya berbicara faktual. Orang bisa melihat seperti itu. Bukan hanya MK tetapi ada yang lain," ujarnya. (eh)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024