Padang Siapkan Jalan untuk Pendaratan Darurat

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/ Kyodo News

VIVAnews - Kota Padang, Sumatera Barat telah menyiapkan jalan raya By Pass sebagai landasan terbang darurat. Persiapan itu dilakukan guna mengantisipasi jika terjadi gempa dengan kekuatan 8,9 Skala Richter.

"Jika Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Lapangan Udara Tabing Padang tidak berfungsi, pendaratan pesawat dilakukan di kawasan by pass," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim saat menjadi komandan simulasi penanganan bencana di Hotel Paengeran, Padang, Kamis, 23 Juni 2011.

Menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat,  jalan raya by pass itu akan diperlebar agar bisa didarati sejumlah pesawat.

Rencana itu adalah bagian dari persiapan Sumbar menghadapi potensi gempa 8,9 SR yang tersimpan di zona suduksi Siberut. "Tahun 2012, pelebaran jalan sudah akan dilakukan dengan bantuan dana APBN," ujar Koordionator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Sumbar, Ade Edward.

Jalan raya by pass yang membelah Kota Padang dan menghubungkan  Pelabuhan Teluk Bayur dengan BIM tergolong aman dan bebas dari ancaman tsunami. "Di sana, sudah terintegrasi sejumlah fasilitas penanganan tanggap darurat. PMI ada di sana, Rumah Sakit Siti Rahmah, dan Pusat Pengendalian Operasi, Penanggulangan Bencana Sumbar juga akan dibangun di kawasan itu,” ujar Ade.

Karena difungsikan sebagai landasan pacu, di ruas jalan By Pass yang terbilang lurus ini juga akan disiapkan menara kontrol. "Fasilitas pendukung lain akan disiapkan  juga," ujarnya.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Proyek ini dipersiapkan guna menghindari terisolasinya Sumatera Barat jika terjadi bencana gempa dan tsunami menghantam kawasan pesisir. Persiapan perlu dilakukan karena berdasarkan penelitian sejumlah ahli, Sumbar berpotensi digoyang gempa dengan kekuatan 8,9 SR dan memicu tsunami.

Laporan: Eri Naldi/Padang

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan M Rafli.

Misi Hindari Degradasi, Arema FC Dituntut Tampil Efisien Lawan PSS Sleman

 Arema FC akan menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam laga lanjutan Liga 1. Duel kedua tim bakal digelar di Stadion Manahan, Solo pada Senin, 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024