Jenazah Pilot Malaysia Dilepas Secara Militer

Pesawat yang jatuh di Minang Aero Sport, Padang
Sumber :
  • Antara/ Arif Pribadi

VIVAnews - Jenazah pilot asal Malaysia Kolonel Zakaria bin Saleh (57 tahun) diterbangkan menggunakan pesawat TNI AU CN 235 menuju Medan. Dari Medan, jenazah pilot naas ini langsung diterbangkan ke Malaysia sekitar pukul 15.00 WIB.

Pemulangan jenazah Kolonel Penerbang (Purn) Zakaria bin Saleh diterbangkan dari Lapangan Udara Tabing Padang, Jumat, 24 Juni 2011 sekitar pukul 10.00 WIB. Pelepasan jenazah dilakukan dengan upacara militer.

Menurut Komandan Lanud Padang Kolonel Penerbang Awang Kurniawan saat jumpa pers semalam, pihaknya telah berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Malaysia di Medan terkait tewasnya pilot senior tersebut saat uji rute jelang Minang Aero Sport.

Pemulangan jenazah pilot warga negara Malaysia ini dilakukan setelah menjalani visum di RS M Djamil Padang. Kapolresta Padang Komisaris Besar Polisi M. Seno Putro yang dihubungi enggan membeberkan hasil visum terhadap jenazah pilot senior tersebut.

“Hasil visumnya sudah kita kantongi dan akan digunakan untuk proses penyelidikan,” ujar Kombes Pol M Seno Putro pada VIVAnews.

Pelatih pilot di Angkatan Udara Malaysia ini tewas saat melakukan uji rute jelang dynamic show yang akan dilakukan hari ini.

Pesawat Christin Eagle N21H buatan Amerika ini patah tiga saat menghantam tanah kosong di jalan Galaxi, Perumdam Tunggul Hitam, Padang sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis kemarin.

Tidak ada korban jiwa dari warga sipil di kawasan padat perumahan ini saat pesawat aerodinamik tersebut terjatuh. Sebelum melakukan test fly, kondisi pesawat dinyatakan layak terbang.

Pesawat ini juga tergolong masih baru. Umurnya baru sekitar empat tahun. Pasca kecelakaan pesawat ini, DanLanud Tabing Padang menghentikan kegiatan dynamic show yang menunjukkan atraksi pesawat di ajang Minang Aero Sport 2011. (eh)

Laporan: Eri Naldi | Padang

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024