Seleksi Pimpinan KPK

6 Orang dari KPK Lolos Seleksi Administrasi

Hakim Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar.
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan nama-nama yang lolos dalam seleksi administrasi. Enam orang dari internal KPK dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi itu.

Orang-orang dari internal KPK yang lolos seleksi administrasi itu adalah Chandra M Hamzah, Johan Budi, Sujanarko, Handoyo Sudrajat, Ade Rahardja, dan Abdullah Hehamahua.

Menurut Ketua Pansel KPK, Patrialis Akbar, nama-nama yang telah dinyatakan lolos itu baru ditentukan berdasarkan kelengkapan administrasi. Sementara itu, kompetensi dan kepemimpinan belum dilihat.

"Masih jauh, sekarang dilihat dulu administrasinya, teliti apa nggak," kata Patrialis saat konferensi pers di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Jumat, 24 Juni 2011.

Patrialis mengatakan, kualifikasi yang disampaikan untuk bakal calon semuanya menempuh proses yang sama. Dia menegaskan, dalam prosesnya tidak tebang pilih. "Ukurannya adalah kualifikasi, jadi bukan unsur. Walaupun tadi ada kualifikasi yang kami utamakan kompetensinya," tambahnya.

Namun demikian, Patrialis yang juga menjabat Menteri Hukum dan HAM menjelaskan tugas yang akan diemban pimpinan KPK ke depan meliputi tugas pencegahan, penuntutan, supervisi, dan koordinasi.

"Kami berharap dari tugas besar pimpinan KPK ada di situ, tapi itu pun didasarkan pada kualifikasi dan kompentensi," kata dia. "Nanti bagaimana kalau nggak ada orang yang mengerti masalah penyidikan, penuntutan, kan repot juga."

Sementara itu, Pansel KPK telah menetapkan 142 nama terpilih yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama (seleksi administrasi) calon pengganti pimpinan KPK. Dari 233 berkas pendaftar, 142 lolos dan 91 orang yang tidak lolos, dengan persentase laki-laki 94 persen dan perempuan 6 persen. (art)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024